Indeks Nikkei Meningkat 1 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, meningkat 211,02 poin, atau sekitar 1 persen, pada Kamis (22/3/2018), menjadi 21.591,99. Sedangkan indeks Topix naik 0,7 persen menjadi 1.727,39.

Indeks Nikkei sempat bergerak di teritori negatif di awal perdagangan hari ini, setelah Bursa Tokyo sempat libur pada Rabu (21/3/2018) sehubungan berlangsungnya libur nasional.

Para investor membeli saham perusahaan berorientasi ekspor usai Federal Reserve Amerika Serikat meningkatkan suku bunga. Peningkatan suku bunga The Fed tahun ini diperkirakan hanya akan berlangsung dua kali lagi, tidak sampai tiga kali seperti ekspektasi sebelumnya.

Dengan tahun fiskal Jepang segera berakhir, Government Pension Investment Fund dan lembaga pendanaan lainnya melakukan pembelian saham-saham di Bursa Tokyo yang telah menjadi lebih murah dengan rasio harga per laba turun ke angka 12.

Investor ritel yang tertarik meraih pendapatan melalui dividen mengacuhkan dampak penguatan yen Jepang. Nilai tukar dolar AS terhadap yen turun 0,1 persen menjadi 105,93 yen per dolar AS. Penguatan yen membuat laba perusahaan Jepang dari operasional luar negeri menjadi lebih rendah ketika direpatriasi.

Saham Fanuc dan Fast Retailing sangat diminati hari ini, masing-masing meningkat 3,7 persen dan 1,3 persen. Saham-saham lainnya yang juga meningkat secara signifikan adalah saham Canon Inc (2,2 persen), Daikin Industries (2,1 persen), dan Sony (2 persen).