Kelebihan Permintaan, SMF Hanya Serap Obligasi Rp1 Triliun

foto: istimewa

Pasardana.id - PT Sarana Multigriya Finansial alias SMF tidak menyangka, penerbitan obligasinya mendapat respon positif dari para investor. Hanya merilis obligasi Rp1 triliun, permintaan dari investor mencapai lebih dari Rp3 triliun.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo di Jakarta, Senin (16/10/2017). Obligasi ini merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan IV tahap II SMF dengan target dana Rp12 triliun.

“Final book building obligasi kami melebihi target hingga Rp3,88 triliun. Tapi, kami hanya bisa serap Rp1 triliun," ungkap Ananta.

Obligasi tersebut terdiri dari dua seri, yaitu Seri A dengan nilai sebesar Rp327 miliar, tingkat bunga tetap sebesar 6,25%, dengan jangka waktu 370 hari sejak tanggal emisi. Sedangkan untuk Seri B jumlah obligasi yang ditawarkan sebesar Rp673 miliar, tingkat bunga 7,25%, dengan jangka waktu 3 tahun sejak tanggal emisi.

Dana yang diperoleh dari obligasi ini, akan digunakan untuk memberikan pinjaman kepada penyalur kredit pemilikan rumah (KPR).

Terkait hal tersebut, Ananta mengatakan bahwa penerbitan obligasi ini merupakan bentuk komitmen dari SMF sebagai penyedia likuiditas jangka menengah panjang bagi penyalur KPR. Hal ini menurutnya merupakan bentuk dukungan SMF untuk ketersediaan hunian yang layak dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia.