Pola Transaksi Menarik, SCMA, ACES dan TINS Layak Dikoleksi Besok

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah -1,35% pada sore ini, Selasa (13/3/2018). Namun terdapat beberapa saham seperti SCMA, ACES dan TINS yang mengalami peningkatan volume transaksi dan membentuk pola transaksi positif. Sehingga layak diperdagangkan esok, Rabu (13/3/2018).

Analis Market Pasardana.id, Arief Budiman mengatakan, SCMA telah membentuk bullish candle dengan short upper shadow menggambarkan pergerakan yang positif pada saham dengan berhasil ditutup satu tick di bawah level tertingginya.

Apalagi, jelas Arief, volume mengalami lonjakan signifikan dengan inflow asing sebesar Rp 14,44 miliar menandakan saham ini cukup ramai ditransaksikan.

“Stochastic terlihat mulai bergerak naik menandakan adanya momentum penguatan cukup baik pada SCMA,” kata dia.

Sementara, ACES, lanjut Arief, telah membentuk inverted hammer yang menggambarkan pergerakan positif meskipun terlihat ada tekanan jual cukup tinggi karena penurunan indeks.

Ditambah, volume mengalami lonjakan signifikan menandakan saham ini banyak ditransaksikan.

“Stochastic terlihat bergerak positif dan ACES sempat menembus batas atas pada level 1.425 meskipun belum berhasil bertahan di level tersebut,” jelas dia.

Sedangkan, TINS, menurut Arief, telah membentuk bullish spinning top menggambarkan pergerakan yang positif meskipun cenderung dalam rentang yang terbatas. Ditambah, pergerakan TINS tertahan di garis MA 20 menandakan uptrend saham ini masih terjaga.

“Walau volume mengalami sedikit penurunan, mengindikasikan aksi pembelian yang belum terlalu kuat akibat tekanan menyeluruh pada indeks. Namun stochastic terlihat berada di sekitar area jenuh jual,” jelas Arief.