CFO Huawei Ditangkap di Kanada

foto: istimewa

Pasardana.id - Pihak berwajib Kanada telah menangkap CFO Huawei Technologies Company Meng Wanzhou, sesuai permintaan pihak berwajib Amerika Serikat.

Seperti dilansir BBC News, Rabu (5/12/2018), Meng yang merupakan anak perempuan pendiri Huawei Ren Zhengfei dan juga wakil chairman perusahaan pemasok perangkat telekomunikasi dan jaringan komunikasi terbesar di Tiongkok dan dunia tersebut ditangkap di Vancouver pada 1 Desember lalu, saat dalam transit penerbangan.

Rencananya, Meng selanjutnya akan diekstradisi ke AS. Namun terlebih dahulu ia akan menjalani persidangan awal di Kanada pada Jumat (7/12/2018).

Pihak Huawei menyebutkan mereka hanya memiliki sedikit informasi mengenai alasan penangkapan Meng.

Departemen Kehakiman AS pada tahun ini melakukan investigasi terkait kemungkinan terjadinya pelanggaran yang dilakukan Huawei terhadap sanksi yang dijatuhkan AS terhadap Iran, dengan melakukan ekspor ke negara Timur Tengah tersebut.

Para politisi AS menuduh Huawei telah menjadi ancaman bagi keamanan nasional Negeri Paman Sam, karena teknologi yang dikuasai Huawei dapat dimanfaatkan pemerintah Tiongkok untuk melakukan kegiatan spionase.