Indeks Nikkei Melonjak 1,02 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, melonjak 224,62 poin, atau sekitar 1,02 persen, pada Rabu (28/11/2018), menjadi 22.177,02. Indeks Topix juga menguat, naik 9,50 poin, atau sekitar 0,58 persen, menjadi 1.653,66.

Indeks Nikkei melonjak terpengaruh sentimen positif yang meliputi Wall Street, seiring mencuatnya harapan para investor bahwa pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela-sela pertemuan G-20 di Buenos Aires, Argentina, pada akhir pekan ini akan meredakan tensi kedua negara di bidang perdagangan.

Penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow menyatakan pertemuan Trump-Xi menjadi peluang untuk membuka lembaran baru terhadap hubungan dagang antara kedua negara.

“Sentimen negatif yang ditimbulkan tensi AS-Tiongkok di bidang perdagangan memudar jelang berlangsungnya pertemuan tingkat tinggi antara kedua negara,” kata Masahiro Yamaguchi, analis pasar SMBC Trust Bank, seperti dikutip Reuters.

Saham Line Corporation melonjak 2,34 persen setelah mengumumkan tercapainya kesepakatan dengan perusahaan internet Tiongkok Tencent Holdings dalam mengembangkan layanan pembayaran mobile. Line merupakan anak perusahaan operator portal internet terbesar di Korea Selatan, Naver Corporation.

Saham perusahaan farmasi Sumitomo Dainippon Pharma memimpin penguatan yang berlangsung hari ini dengan meroket 18,30 persen ke level tertinggi sejak 1990 setelah menyatakan seluruh konflik terkait tuntutan pelanggaran hak paten obat anti depresi Latuda telah selesai. Saham perusahaan farmasi Chugai Pharmaceutical juga meningkat, melambung 3,46 persen.

Nilai tukar dolar AS menguat 0,1 persen terhadap yen menjadi 113,88 yen per dolar AS.