Indeks Nikkei Melambung 2,56 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, melambung 556,01 poin, atau sekitar 2,56 persen yang merupakan peningkatan harian tertinggi sejak Maret, pada Jumat (2/11/2018), menjadi 22.243,66 yang merupakan angka penutupan tertinggi dalam dua tahun terakhir. Indeks Topix juga meningkat secara signifikan, melonjak 1,6 persen menjadi 1.658,76.

Dalam sepekan terakhir, indeks Nikkei melambung 5 persen yang merupakan peningkatan mingguan tertinggi sejak Juli 2016.

Seperti dilansir Reuters, indeks Nikkei terdongkrak sentimen positif yang mencuat setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan akan melakukan persetujuan di bidang perdagangan dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam pertemuan G-20 yang berlangsung di Argentina akhir bulan November ini. Trump telah meminta para pejabat pemerintah AS terkait untuk membuat isi kesepakatan tersebut.

Saham perusahaan produsen alat otomatisasi pabrik yang memiliki pasar ekspor Tiongkok mengalami peningkatan tajam. Saham Yaskawa Electric dan Fanuc Corporation masing-masing melambung 7,1 persen dan 5,9 persen. Saham perusahaan produsen alat berat Komatsu naik 6,7 persen dan saham perusahaan pembuat botol minum untuk bayi Pigeon Corporation meningkat 9 persen.

Saham perusahaan semikonduktor juga meningkat. Saham Advantest Corporation dan Tokyo Electron masing-masing menguat 8 persen dan 6,9 persen. Saham perusahaan produsen alat otomatisasi pabrik Keyence Corporation meroket 11 persen setelah meningkatkan perkiraan pembagian dividen tahunan, menjadi 200 yen per saham dari sebelumnya 100 yen per saham.

Di sisi lain, saham Nippon Sharyo, perusahaan pembuat kereta api yang keluar jalur di Taiwan sehingga 18 orang tewas bulan lalu, terjun bebas 17 persen setelah mengumumkan ditemukannya kesalahan desain dalam kereta api produksinya, yang menyebabkan tidak bekerjanya sistem peringatan terhadap sistem kendali utama ketika fitur keamanan otomatis telah dimatikan.

Nilai tukar dolar AS terhadap yen berada di kisaran 113,385 yen per dolar AS.