Harga Minyak Dunia Alami Penurunan

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia mengalami penurunan pada Senin (8/10/2018) terpengaruh kondisi terbaru di Tiongkok.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November 2018 turun 5 sen menjadi US$74,29 per barel di New York Mercantile Exchange. Harga minyak WTI sempat turun ke harga US$73,07 per barel sebelum berakhir di harga penutupan.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember 2018 turun 25 sen menjadi US$83,91 per barel di London ICE Futures Exchange. Harga minyak mentah Brent sempat turun ke harga US$82,66 sebelum berakhir di harga penutupan.

Harga minyak dunia sempat anjlok di awal perdagangan Senin setelah bank sentral Tiongkok pada Minggu (7/10/2018) memutuskan akan memangkas reserve requirement ratio (RRR) sebesar 100 basis poin mulai 15 Oktober. Langkah tersebut menunjukkan Tiongkok hendak mempertahankan pertumbuhan ekonomi.

Harga minyak dunia kemudian mengalami rebound dengan munculnya optimisme para trader terhadap peningkatan permintaan minyak mentah oleh Tiongkok seiring pertumbuhan ekonomi yang berlangsung di negara tersebut.

Harga minyak dunia juga terdongkrak laporan yang menunjukkan penurunan persediaan di pusat penyimpanan minyak mentah Amerika Serikat di Cushing, Oklahoma, pekan lalu. Persediaan minyak mentah di Cushing mencapai 28,5 juta barel, turun 15.000 barel dari pekan sebelumnya.