Harga Minyak Dunia Kembali Naik

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia kembali naik pada Rabu (3/10/2018) setelah sempat mengalami penurunan pada sesi sebelumnya.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember 2018 naik 55 sen menjadi US$75,78 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember 2018 naik 78 menjadi US$85,58 per barel di London ICE Futures Exchange yang merupakan harga tertinggi sejak November 2014.

Harga minyak dunia sempat mengalami penurunan di awal sesi perdagangan Rabu terpengaruh laporan Energy Information Administraiton yang menyebutkan cadangan minyak Amerika Serikat naik 8 juta barel pekan lalu. Peningkatan yang terjadi jauh melampaui ekspektasi dan merupakan peningkatan tertinggi sejak Maret 2017.

Penurunan harga yang sempat terjadi juga dipengaruhi pernyataan Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih bahwa Saudi meningkatkan produksi minyak mentah hingga mencapai 10,7 juta barel per hari pada bulan ini dan akan terus menambah produksi pada bulan depan. Jumlah produksi minyak mentah tertinggi Saudi adalah 10,72 juta barel per hari yang terjadi pada November 2016 lalu.

Meski demikian, harga minyak dunia berakhir dengan peningkatan karena pasar lebih terpengaruh kekhawatiran terhadap terganggunya pasokan global sebagai pengaruh penjatuhan sanksi Amerika Serikat kepada Iran pada 4 November mendatang. Produksi minyak mentah Iran turun 100 ribu per barel pada September.