ANALIS MARKET (19/10/2018) : IHSG Diestimasi Bergerak Melemah, Tiga Saham Ini Direkomendasikan Beli

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup turun kemarin (18/10), mengikuti pergerakan bursa regional. Pergerakan ini ditekan oleh sektor infrastruktur. Di sisi lain, dimulainya musim rilis kinerja keuangan 3Q18 juga belum berhasil menaikkan pergerakan IHSG. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Losers, yaitu: Infrastructure (-2.52%), Mining (-0.90%), Finance (-0.49%).

Sementara itu, Bursa global ditutup melemah kemarin (18/10). Fokus investor AS masih tertuju pada tren kenaikan suku bunga, perang dagang antara Tiongkok-AS serta pergerakan sektor teknologi.

Adapun pergerakan bursa Eropa dipengaruhi oleh perundingan Brexit yang masih belum membuahkan hasil. Di sisi lain, penurunan bursa Asia ditekan oleh pernyataan The Fed tentang kenaikan suku bunga dan Tiongkok.

“Untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak melemah dengan support range 5789-5799 dan resistance range 5867-5875,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Jumat (19/10/2018).

Riset juga menyebutkan, pasar pada hari akan mencerna rilis data pertumbuhan PDB Tiongkok pada 3Q18. Berdasarkan konsensus, pertumbuhan PDB Tiongkok akan mencapai 6,6%, turun dari 6,7% pada 2Q18. Ekspektasi perlambatan pertumbuhan PDB Tiongkok terjadi di tengah memanasnya tensi perang dagang AS dan Tiongkok. Pasar global bergerak turun tajam jelang rilis data pertumbuhan PDB Tiongkok.

Dari domestik, rilis kinerja 3Q18 dari dua bank besar yaitu BMRI dan BBNI belum berhasil memicu rally pada harga saham kedua bank tersebut. Pasar menilai kinerja dua bank tersebut pada 3Q18 masih sesuai ekspektasi dan belum memberikan hasil yang spektakuler.

Adapun sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: BSDE, MAPI, dan EXCL layak dikoleksi diperdagangan akhir pekan ini.