Murdoch Digadang-gadang Gantikan Musk Sebagi CEO Tesla

foto: istimewa

Pasardana.id - James Murdoch, seperti dilansir BBC News, Rabu (10/10/2018), digadang-gadang akan menggantikan Elon Musk sebagai CEO perusahaan produsen mobil elektrik Amerika Serikat Tesla Inc.

Musk bulan lalu menyatakan akan melepas jabatan CEO Tesla, sesuai kesepakatan dengan pihak regulator AS. Salah satu butir kesepakatan adalah Tesla harus dipimpin oleh seorang CEO independen.

Kesepakatan harus dilakukan Musk dengan regulator AS setelah ia menghadapi tuduhan penipuan. Musk mengejutkan publik pada 7 Agustus lalu setelah dalam cuitan di akun Twitter-nya ia menyebutkan akan melakukan delisting Tesla. Lebih lanjut Musk mencuitkan bahwa ia telah mendapat pendanaan untuk mewujudkan hal tersebut dan akan melakukan pembelian saham Tesla mencapai US$420 per saham.

Cuitan Musk tersebut dianggap sebuah kebohongan publik, karena Musk tak pernah melakukan pembahasan apa pun dengan pihak mana pun terkait pendanaan delisting maupun harga buyback saham.

Terkait kabar akan ditunjuknya Murdoch sebagai CEO Tesla, Musk mencuitkan bahwa kabar tersebut tidak benar.

Murdoch merupakan anak dari pengusaha media Rupert Murdoch. Ia merupakan anggota dewan direksi Tesla sejak 2017 lalu.

Murdoch saat ini merupakan CEO 21st Century Fox. Namun ia akan mengundurkan diri dari jabatan tersebut setelah tuntasnya akuisisi 21st Century Fox oleh Walt Disney Company.

Murdoch telah mundur dari keanggotaan dewan direksi Sky plc seiring diterimanya tawaran pembelian perusahaan media yang berpusat di London, Inggris, tersebut oleh Comcast.