ANALIS MARKET (11/10/2018) : IHSG Diestimasi Bergerak Melemah, Tiga Saham Ini Direkomendasikan Beli

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) diperdagangan Rabu (10/10) kemarin, berhasil ditutup naik dalam tiga hari berturut-turut, setelah penurunan yang cukup dalam. Pergerakan ini ditopang oleh penguatan nilai tukar rupiah serta keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM nonsubsidi. Sektor perdagangan yang mengalami Top Gainers, yaitu: Consumer (+1.19%), Mining (+0.95%), Infrastructure (+0.86%).

Sementara Bursa AS dan Eropa ditutup turun kemarin (10/10), ditekan oleh maraknya penjualan saham sektor teknologi. Investor juga mengkhawatirkan pertumbuhan ekonomi global serta tren kenaikan suku bunga. Di sisi lain, bursa Asia ditutup menguat terkait prediksi analis akan potensi penguatan mata uang yuan.

“Untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak melemah dengan support range 5728-5739 dan resistance range 5835-5847,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Kamis (11/10/2018).

Riset juga menyebutkan, sentimen negatif datang dari penurunan tajam bursa global. Indeks Dow Jones kemarin malam (10/10) turun lebih dari 3% akibat kekhawatiran pasar terhadap tren kenaikan yield treasury bond AS.

Pagi ini indeks Nikkei telah turun lebih dari 3%. Bahkan penurunan bursa global diperkirakan masih berlanjut hingga Kamis. Hal ini diindikasikan oleh penurunan yang masih terjadi pada indeks Dow Futures.

Sementara dari domestik, akhirnya kebijakan kenaikan harga BBM mulai dipertimbangkan secara serius. Pertamina telah menaikkan harga BBM nonsubsidi. Bahkan Pemerintah sudah menyiapkan skema kenaikan BBM subsidi meskipun akhirnya ditunda.

Adapun sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: BBTN, ANTM, dan UNTR layak dikoleksi diperdagangan hari ini, Kamis (11/10/2018).