Perusahaan Rintisan Kioson Incar Rp45 Miliar Lewat IPO

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Kioson Komersial Indonesia Tbk berencana menggalang dana sebesar Rp42 miliar hingga Rp45 Miliar melalui pelepasan saham perdana atau initial public offering (IPO) sebanyak 150 juta lembar saham baru atau sebanyak-banyaknya 23,07% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh.

Jika mendapat ijin efektif dari regulator pasar modal, maka Kioson menjadi perusahaan rintisan pertama yang melantai di Bursa Efek Indonesia.

Pendiri Kioson, Jasin Halim menyatakan, saham yang akan ditawarkan senilai Rp280, sampai dengan Rp300, per lembar saham.

“Dengan demikian kami berharap menggalang dana sebesar Rp42 miliar hingga Rp45 Miliar,†ujar Jasin di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (7/9/2017).

Ia menjelaskan, dana hasil aksi korporasi itu akan digunakan 75,76% untuk mengakuisisi PT Narindo. Hal itu sejalan dengan misi perseroan menjadi jembatan antara underserve market dengan teknologi digital.

“Kami melihat bahwa pasar yang belum terlayani oleh dunia digital masih sangat luas. Selama ini, ada tiga hal utama yang menjadi penghambat melayani mereka, yaitu pembayaran, logistik, dan kepercayaan terhadap e-commerre. Kioson sebagai platform 020 menghadirkan solusi atas hambatan tersebut, sehingga sesuai tagline kami 'Semua Bisa 0nline',† urai dia.

Disamping itu, Kioson juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 150 juta Waran Seri I yang menyertai saham baru Kioson atau sebanyak-banyaknya 30% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh untuk diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham.

Untuk mendukung rencana itu, Kioson menunjuk PT Sinarmas Sekuritas sebagai penjamin pelaksana efek. 

Untuk diketahui, hingga April 2017, Kioson telah memiliki lebih dari 15.000 mitra kios yang tersebar di 384 kota di Indonesia, dengan mayoritas berada di kota lapis kedua. Perseroan menargetkan peningkatan mitra kios mencapai 100 persen pada akhir 2017. 

Beragam produk dan layanan tersedia di aplikasi Kioson fokus pada tiga kategori, yakni layanan digital dan Payment Point Online Bank (PPOB), layanan Keuangan, serta layanan e-commerce. Kioson juga bermitra dengan perusahaan terkemuka antara lain perusahaan gadget, perbankan, asuransi, dan e-commerce.