Lego Group Kurangi 1.400 Karyawan

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan produsen mainan Lego Group pada Selasa (5/9/2017) mengumumkan akan mengurangi jumlah karyawannya sebanyak 1.400 orang atau sekitar 8 persen dari total jumlah pekerja. Pengurangan karyawan dilakukan seiring turunnya pendapatan Lego Group.

Pendapatan perusahaan turun 5 persen pada semester I 2017. Penjualan pada periode tersebut hanya mencapai 14,9 miliar kroner, atau sekitar US$2,4 miliar, turun 15,7 miliar kroner dari periode yang sama tahun lalu.

Laba operasional semester I 2017 Lego Group anjlok 6 persen, menjadi 4,4 miliar kroner dari 4,7 miliar kroner pada semester I 2016.

Kinerja perusahan di berbagai kawasan bervariasi. Meski Lego menikmati pertumbuhan pendapatan sebesar dua digit di Tiongkok, namun pendapatan dari operasional di Amerika Serikat dan Eropa mengalami penurunan.

“Kami kecewa dengan penurunan pendapatan yang terjadi di AS dan Eropa. Akan ada langkah yang dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut," ungkap chairman Lego Group, Jorgen Vig Knudstorp, dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Xinhua.

Dalam lima tahun terakhir, Lego Group yang berpusat di Billund, Denmark, membangun organisasi perusahaan yang kompleks dalam upaya menciptakan pertumbuhan dua digit secara global. Namun dampaknya sebaliknya, jumlah karyawan yang berlebihan malah membebani perusahaan.