China Literature Ingin Raup US$800 Juta dari IPO di Hong Kong

foto: istimewa

Pasardana.id - China Literature Ltd, perusahaan e-book dan penerbit online terbesar di Tiongkok yang merupakan anak perusahaan investasi Tencent Holdings Ltd, telah mengajukan penawaran saham perdana (IPO/initial public offering) untuk meraup dana sebesar US$800 juta.

Seperti dilansir Reuters pada Selasa (4/7/2017), Tencent telah menyewa jasa Bank of America Merrill Lynch, Credit Suisse, dan Morgan Stanley sebagai sponsor IPO. Tencent berencana untuk paling tidak untuk tetap menguasai 50 persen saham China Literature setelah proses IPO berlangsung.

Saat ini Tencent menguasai 62 persen saham China Literature. Perusahaan ekuitas swasta Carlyle Group LP menguasai 12,2 persen saham, sedangkan Trustbridge Partners, perusahaan ekuitas swasta yang didirikan mantan CFO Shanda Interactive Shujun Li, menguasai 6 persen saham.

China Literature memiliki bentuk bisnis seperti Kindle Store milik Amazon.com. Mereka menyediakan 8,4 juta karya sastra dari 5,3 juta penulis.

Pendapatan China Literature meningkat 59 persen tahun lalu, menjadi 2,6 miliar yuan atau sekitar US$377 juta. Sedangkan laba bersih mencapai 30,4 juta yuan pada tahun lalu, setelah pada tahun sebelumnya mengalami kerugian 354,2 juta yuan. Laba bersih yang diraih merupakan yang pertama sejak China Literature merilis data keuangan pada 2014 lalu.