OJK Hentikan Lagi 19 Kegiatan Investasi Bodong

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, sebanyak 91 laporan investasi bodong diterima Agustus 2016-Maret 2017. Dari jumlah tersebut, sebanyak 19 kegiatan telah dihentikan Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi.

“Rata-rata jenis kegiatan yang dilakukan oleh para pelaku merupakan kegiatan penghimpunan dana dari nasabah atau peserta," kata Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Kusumaningtuti S. Soetiono di Jakarta, akhir pekan lalu.

Penghimpunan dana ini dilakukan dengan sistem piramida dan janji pemberian imbal hasil lebih tinggi dari imbal hasil pasar selama satu tahun. Langkah ini dinilai tidak masuk akal.

“Imbal hasil di atas rata-rata pasar yang ditawarkan, itu harus hati-hati, misalnya yield saham yang selama berapa tahun terakhir enggak ada (imbal hasil) yang di atas 25% selama setahun," ujarnya.

Adapun para pelaku investasi bodong yang merugikan masyarakat akan diancam dengan tindakan hukum oleh kepolisan. Mereka akan ditahan sesuai hukum yang berlaku.