BI Masih Yakin Pertumbuhan Ekonomi Berada di Kisaran 4,9 - 5,3% (yoy)

foto : istimewa

Pasardana.id - Bank Indonesia memperkirakan, pertumbuhan ekonomi untuk keseluruhan 2016 masih akan berada di kisaran 4,9 - 5,3% (yoy).

"Dengan berbagai indikator yang ada saat ini, pertumbuhan ekonomi untuk keseluruhan 2016 diperkirakan masih akan berada di kisaran 4,9 - 5,3% year on year," kata Gubernur BI Agus D.W Martowardojo di Gedung Bank Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (22/9/2016).

Lebih lanjut dijelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan III 2016 masih terjaga dengan baik, meskipun tidak sekuat perkiraan sebelumnya. 

"Berbagai indikator menunjukkan Konsumsi Rumah Tangga masih cukup kuat, sementara investasi nonbangunan terindikasi belum menunjukkan perbaikan yang signifikan," jelas Agus.

Adapun minat investasi swasta, kata Agus, diperkirakan masih belum kuat, sejalan dengan konsolidasi yang dilakukan oleh sektor korporasi sebagai respon pemintaan yang belum sepenuhnya pulih.

Sementara itu, stimulus fiskal diperkirakan masih terbatas, sejalan dengan penyesuaian belanja pemerintah pada semester II 2016.

Dari sisi eksternal, lanjut dia, masih lemahnya ekonomi dan perdagangan dunia mengakibatkan perbaikan ekspor masih tertahan, meski harga beberapa komoditas ekspor mulai menunjukkan perbaikan.

"Bank Indonesia memandang berbagai langkah masih diperlukan untuk meningkatkan permintaan domestik guna terus memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi," tandas dia.