Presiden Jokowi : Kunci Pertumbuhan Ekonomi Indonesia ke Depan Ditopang Oleh Investasi

foto : istimewa

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo mengatakan, kunci pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan, akan ditopang oleh investasi.

Untuk itu, ia memerintahkan agar pelayanan perizinan di beberapa kementerian ditarik dan dijadikan satu pada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Saya minta sekali lagi kepada seluruh kementerian pada bagian penerbit perijinan yang berkaitan dengan penanaman modal, mulai diberikan BKPM, mulai ditarik saja, agar kecepatan lebih cepat lagi," kata Jokowi, saat memimpin rapat terbatas membahas evaluasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kepresidenan Jakarta, Selasa (23/8/2016) kemarin.

"Saya ingin agar PTSP ini benar-benar satu pintu, memberikan pelayanan yang cepat dan betul-betul tepat, terpadu, terintegrasi. Karena apapun, kunci pertumbuhan ekonomi kita ke depan adalah investasi, yang kita harapkan memberikan topangan adalah investasi," sambungnya.

Lebih lanjut, Presiden juga berpesan agar PTSP yang berada di daerah harus ikut di monitor. Standarisasi pemberian izin harus disamakan dan harus ada sinergi antara pusat dan daerah.

"Keterpaduan PTSP di pusat di daerah juga harus betul-betul dilihat. Jangan sampai nanti pusat cepat, daerah masih lama atau pusatnya lama, daerah cepat, bisa terjadi seperti itu. Oleh sebab itu, semuanya harus dilihat dan harus ada standarisasi pelayanan investasi yang betul-betul bersinergi dan terkoordinasi antara pusat dan daerah," tutur Jokowi.

Jokowi juga berpesan, jangan sampai investor terombang-ambing dan mengalami kesulitan saat mengurus izin investasi.

"Saya harapkan agar terus monitoring, pengawalan terhadap proses-proses investasi ini benar-benar dilakukan, diidentifikasi, dicarikan solusi sehingga tidak ada lagi kata investor kesulitan proses pembuatan perizinan," tandas Jokowi.