Peringkat Utang DART Turun Jadi idBBB+

foto : istimewa

Pasardana.id - Lembaga pemeringkatan efek, PT Pefindo menurunkan peringkat surat utang PT Duta Anggada Realty Tbk (DART) menjadi idBBB+ untuk Perusahaan dan Obligasi Berkelanjutan I/2013. Peringkat baru itu untuk periode 19 Juli 2016 - 1 Juli 2017.

Menurut analis Pefindo, Yogie Surya Perdana bahwa penurunan terutama disebabkan oleh pelemahan kondisi keuangan karena pendapatan yang lebih rendah dari proyeksi sementara saldo utang yang meningkat.

"Serta ekspektasi kami atas struktur permodalan dan proteksi arus kas yang tetap agresif dalam jangka pendek hingga menengah," ujar dia dalam siaran pers, Jumat (29/7/2016).

Bahkan, sambung dia, peringkat itu dapat diturunkan lagi, jika Perusahaan menambah utang jauh di atas proyeksi tanpa diimbangi dengan peningkatan pendapatan, sehingga struktur permodalan menjadi lebih agresif dan proteksi arus kas menjadi lebih lemah.

Adapun faktor-faktor yang membatasi peringkat tingkat leverage keuangan Perusahaan yang agresif dalam jangka pendek hingga menengah, kerentanan terhadap risiko peristiwa dan risiko terkait dengan rencana Perusahaan untuk memasuki segmen bisnis baru.

Untuk outlook, Pefindo menyematkan stabil dan dapat dinaikan jika Perusahaan dapat memperbaiki profil keuangannya dan memperkuat posisi pasarnya sebagai hasil dari ekspansi usahanya secara berkelanjutan.

Hal ini juga harus disertai dengan keberhasilan pelaksanaan proyek kawasan industri Perusahaan serta okupansi yang tinggi pada properti investasinya, khususnya hotel .