Bank Mandiri Siapkan Instrumen Penampung Dana Repatriasi

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk telah menyiapkan berbagai instrumen penampung dana repatriasi dari penerapan kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. Mulai dari bonds, equity, EBA (Efek Beragun Aset), DIRE, dan saham.

"Bank Mandiri cukup beruntung karena kita grup yang punya perusahaan manajemen investasi, sekuritas, bank dan kita juga pikirkan bagaimana set up special deposit account," jelas Direktur Treasury and Market Mandiri Pahala N Mansury di Plaza Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Lebih lanjut dijelaskan, bila memang nantinya ada lock up dana repatriasi dalam periode, Bank Mandiri telah siapkan bonds ataupun MTN dan surat berharga lain, yang punya tenor yang kurang lebih sama dengan masa lock up periode yang diharapkan pemerintah untuk bisa dianggap sebagai repatriasi.

"Jadi baik itu bonds, equity, EBA (Efek Beragun Aset), DIRE, dan saham, itu memang akun yang mau kita set up," jelasnya.

Asal tahu saja, berdasarkan hitungan Bank Indonesia, dana repatriasi yang diperkirakan masuk kas negara berkisar USD200 miliar atau sebesar Rp2.600 triliun.

"Kita harapkan memang nantinya dibuka seluas mungkin instrumen yang ada dan memang harapannya uang itu diinvestasikan di Indonesia, baik itu dalam bentuk bonds dan equity," tandasnya.