Selangkah Lagi S&P Sematkan 'Investment Grade' ke Indonesia

foto : istimewa

Pasardana.id - Lembaga rating Standard & Poors (S&P) menyematkan rating BB+ atau setingkat di bawah status 'investment grade' BBB-, pada Rabu (1/6/2016). Demikian rilis resmi yang dikeluarkan S&P.

"Dalam pandangan kami, kerangka fiskal Indonesia telah membaik, yang akan meningkatkan kualitas belanja publik dan menyebabkan hasil fiskal yang lebih dapat diprediksi," demikian bunyi pernyataan resmi S&P.

Namun demikian, kinerja fiskal belum membaik untuk alasan siklus dan struktural.

"Oleh karena itu, kami menegaskan 'BB +' jangka panjang dan peringkat kredit 'B' jangka pendek di Indonesia. Kami juga menegaskan peringkat axBBB + / AXA-2 'ASEAN skala regional di Indonesia," paparnya.

Prospek positif ini mencerminkan kemungkinan bahwa lembaga ini dapat meningkatkan peringkat jika kerangka fiskal yang membaik memang memberikan kinerja fiskal yang lebih baik, sehingga defisit menurun dan pinjaman tetap rendah.

Peringkat Indonesia diberikan karena pemerintah Indonesia dapat menyeimbangkan pendapatan per kapita yang rendah dengan peningkatan kebijakan dan pengaturan kelembagaan, kebijakan moneter yang kredibel, dan pertumbuhan ekonomi.

Sentimen makro tampaknya menjadi lebih baik. Ekonomi domestik diperkirakan tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi di kisaran 5,0%-5,2%, didukung oleh konsumsi domestik dan belanja infrastruktur pemerintah yang kuat serta investasi yang solid.

"Kami berharap pertumbuhan yang lebih tinggi dapat mempercepat jumlah peningkatan kelas menengah dan memacu permintaan untuk produk manufaktur. Di sisi lain, suku bunga acuan yang lebih rendah dan tekanan yang lebih rendah pada rupiah seharusnya menguntungkan pengembang kawasan industri dalam menjaga biaya ekspansi dan profitabilitas," pungkas pernyataan tersebut.