Penjualan Lenovo Naik Tiga Kali Lipat
Pasardana.id - Lenovo Indonesia mengklaim kenaikan penjualan sebesar tiga kali lipat sepanjang tahun ini dibandingkan tahun lalu. Namun, berapa besar angka penjualannya secara jelas tidak disebutkan vendor tersebut.
"Salah satu pendorong pertumbuhan penjualan di atas adalah segmen telepon selular (ponsel) rentang harga Rp1 juta hingga Rp2,5 juta," kata Anvid Erdian, Mobile Business Group 4P Lenovo Indonesia di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), baru-baru ini.
Salah satu ponsel yang masuk rentang harga di atas adalah Lenovo Android A series seperti seri A7700.
Namun, pangsa pasar Lenovo hanya tembus peringkat lima dengan besaran 6% sesuai International Data Corporation (IDC). Angka ini lebih kecil ketimbang Advan sebesar 8%, Asus sebesar 9%, Oppo sebesar 19%, dan Samsung sebesar 26%.
Sementara itu, tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) ponsel berteknologi four generation (4G) tersebut, sebesar 20% pada 2016. Angka ini ditargetkan naik menjadi 30% pada 2017.
"Langkah ini melalui kerjasama dengan pihak developer," jelasnya.
Adapun nama Lenovo tetap akan dipakai untuk penjualan merek ponsel di Indonesia. Walaupun, perseroan punya merek lain, yakni Moto.
Kebijakan ini ditempuh akibat perbedaan segmentasi produk. Lenovo ditujukan bagi kelas menengah ke bawah dan Moto menyasar kalangan menengah ke atas. India juga melakukan strategi yang sama.

