Raih Target Jadi Kiblat Modest Fashion Dunia, Mendag: Bangga, Bela, dan Beli Buatan Indonesia

Foto : Dok. Kemendag

Pasardana.id– Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyampaikan, salah satu wujud komitmen Kementerian Perdagangan menjadikan Indonesia kiblat modest fashion dunia adalah melalui diversifikasi produk modest fashion.

Hal tersebut disampaikan Mendag saat menghadiri ‘Pagelaran Busana Klamby’ di event Plaza Indonesia Fashion Week 2024 di Jakarta, Minggu (3/3/2024).

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai kiblat modest fashion dunia, Mendag Zulkifli Hasan pun mengajak semua pihak untuk bangga, bela, dan beli produk Indonesia.

Ia berharap, semangat ini turut mendorong produk Indonesia untuk dapat berjaya tidak hanya di negeri sendiri, tetapi juga di mancanegara.

“Kami terus berupaya melakukan diversifikasi produk, termasuk salah satunya modest fashion. Mari kita kerja sama. Kita dukung, bangga,bela, dan beli produk-produk modest fashion buatan dalam negeri sehingga kita turut membesarkan Indonesia sebagai salah satu kiblat modest fashion dunia,”ucap Mendag.

Mendag Zulkifli Hasan juga mengapresiasi PT Klamby Kreasi Indonesia yang konsisten berinovasi menghasilkan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

“Saya apresiasi setinggi-tingginya PT Klamby Kreasi Indonesia yang konsisten terus berinovasi menghasilkan karya-karya yang memukau seperti yang saya pakai. Produknya bagus dan nyaman, tidak kalah dengan buatan luar negeri. Harganya pun ekonomis,” ucap Mendag Zulkifli Hasan.

Lebih lanjut Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, State of The Global Islamic Economy (SGIE) mencatat bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-3 dari 81 negara dengan ekonomi Islam terbesar.

Hal ini merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

Melihat potensi akses pasar yang cukup besar tersebut, beberapa strategi dilakukan Kemendag untuk menunjukkan kualitas modest fashion Indonesia kepada dunia.

Hal tersebut ditempuh mulai dari pameran dagang di berbagai negara hingga Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW)yang akan diselenggarakan pada 9–12 Oktober 2024 serta dihadiri tamu-tamu mancanegara.

“Kemendag akan mengadakan Jakarta Muslim Fashion Week 2025 pada 9–12 oktober 2024 di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD). Jangan sampai tidak ikut karena akan banyak tamu dari luar negeri datang untuk melihat karya-karya desainer Indonesia,” pesan Mendag Zulkifli Hasan.

Ia menambahkan, Kemendag turut berupaya melindungi pasar dalam negeri dari serbuan produk-produk asing dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha DalamPerdagangan Melalui Sistem Elektronik. Harapannya, produk Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.