SCMA Bukukan Laba Usaha Sebesar Rp 348,6 Miliar di Semester 1-2024

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Emiten yang bergerak dibidang media dan hiburan, PT Surya Citra Media Tbk (IDX: SCMA) membukukan Laba usaha selama periode Januari–Juni 2024 mencapai Rp 348,6 miliar.

Jumlah tersebut melesat 485% YoY dari Rp 59,59 miliar pada periode yang sama di 2024.

Adapun Laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk SCMA mencapai Rp 327,65 miliar dari sebelumnya Rp69,3 juta di akhir 2023.

Dengan demikian, perseroan mencatat peningkatan pada pos laba per saham dasar yang tercatat 5,17 dari 1,10 di akhir tahun 2023.

Melansir Laporan Keuangan perseroan (31/7) disebutkan, perseroan membukukan pendapatan neto sebesar Rp 3,32 triliun di semester I-2024.

Pencapaian ini tumbuh 9,77% Year on Year (YoY) dari pendapatan neto Rp 3,03 triliun pada periode yang sama di 2023. 

Lebih rincinya, SCMA memperoleh pendapatan iklan sebesar Rp 3,25 triliun atau naik 3,87% YoY.

Adapun pendapatan lain-lain sebanyak Rp 658,59 miliar, yang melonjak 42,74% secara tahunan. 

Secara keseluruhan pendapatan kotor dari iklan dan lain-lain mencapai Rp 3,91 triliun.

Beban program dan siaran tercatat sebesar Rp 2,1 triliun atau naik 4,24% YoY.

Kemudian beban usaha naik 3,96% YoY menjadi Rp 939,47 miliar. 

Meski demikian, jumlah ini harus dipangkas oleh potongan penjualan sebesar Rp 585,37 miliar per 30 Juni 2024, yang naik 3,96% YoY. 

Namun SCMA berhasil mengantongi pendapatan operasi lain sebesar Rp 71,68 miliar di semester I-2024, yang melesat 450,97% YoY.

Di sisi lain, beban operasi lain SCMA juga susut 85,32% YoY menjadi Rp 9,52 miliar. 

Sementara itu, liabilitas SCMA mencapai Rp 2,86 triliun dibanding Rp 2,56 triliun di akhir 2023.

Sedangkan total aset SCMA per 30 Juni 2024 mencapai Rp 11,29 triliun atau tumbuh 2,21% dari posisi 31 Desember 2023 sebesar Rp 11,05 triliun.