BEI Umumkan Daftar Perusahaan Tercatat yang Mengalami Perpindahan Papan, Siapa Masuk Siapa Keluar?

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengumumkan daftar Perusahaan Tercatat yang mengalami perpindahan papan perdagangan.

Melansir keterbukaan informasi BEI, Rabu (22/5) disebutkan beberapa Perusahaan Tercatat yang mengalami perpindahan papan, adalah sebagai berikut:

1. Perusahaan Tercatat yang mengalami Perpindahan Papan dari Papan Pengembangan ke Papan Utama, yaitu; BACA, BDKR, HATM, IMPC, MIDI, MKTR, MLIA, TPMA, TRGU, dan VTNY.

2. Perusahaan Tercatat yang mengalami Perpindahan Papan dari Papan Utama ke Papan Pengembangan, yaitu; ACST, ADCP, ADMF, ADMG, AGII, ANJT, APEX, APLI, ARCI, ASDM, ASJT, ASLI, ATIC, BABY, BAPA, BATA, BBMD, BBRM,BMSR, BNBA, BNLI, BPTR, BRAM, CAMP, CEKA, CITY, CSAP, CSRA, DART, DEPO, DGIK, DNAR, DPNS, DSFI, DVLA, DYAN, EKAD, GDYR, GHON, GPRA, GTSI, GZCO, HAIS, HDFA, HMSP, IDPR, IFII, IGAR, IMJS, INCI, INDR, INDS, INOV, IPCM, IPOL, JAWA, JRPT, KAEF, KETR, KICI, KINO, KOBX, LEAD, LINK, LPGI, MBTO, MDKI, META, MGRO, MLPT, MRAT, MSKY, NIKL, NOBU, NPGF, NRCA, NZIA, PAMG, PBSA, PEHA, PJAA, PMMP, PNBS, PPRE, PTIS, PTSN, PZZA, RDTX, RELI, RICY, ROTI, SCCO, SDPC, SMKL, SMMT, SPMA, SRSN, STAR, SULI, TCID,TLDN, TRIN,TRJA, TRST, VOKS, WEHA, WIFI, WIKA, dan WOMF.

Lebih lanjut disebutkan, bahwa perubahan penempatan Papan Pencatatan tersebut, berlaku sejak tanggal 31 Mei 2024 sepanjang tidak ada hal tertentu yang mempengaruhi keputusan perpindahan papan sesuai dengan Peraturan Bursa.

“Jika terdapat hal/peristiwa tertentu yang terjadi pada Perusahaan Tercatat sebelum tanggal efektif perpindahan papan, Bursa berwenang melakukan perubahan atas pengumuman ini,” sebut pernyataan manajemen BEI.

Adapun pengaturan mekanisme perpindahan bagi Perusahaan Tercatat dari Papan Utama atau Papan Ekonomi Baru ke Papan Pengembangan bertujuan untuk lebih memberikan klasifikasi yang jelas kepada investor mengenai kondisi Perusahaan Tercatat berdasarkan kinerja fundamental, kapitalisasi pasar, serta pemenuhan atas ketentuan peraturan BEI.

Terkait dengan pengaturan tersebut, BEI berwenang untuk melakukan penilaian Perusahaan Tercatat atas pemenuhan persyaratan dan perpindahan papan yang dilakukan setiap enam bulan sekali, yaitu pada bulan Mei dan November.

"Dalam rangka menyelenggarakan perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien serta seiring dengan adanya perkembangan pasar, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) senantiasa berupaya melakukan berbagai penyesuaian. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bursa Nomor I-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham yang Diterbitkan oleh Perusahaan Tercatat (Peraturan Nomor I-A)," jelas BEI, seperti dilansir dalam siaran pers, Kamis (23/5).