Pertemuan Menko Airlangga-Dubes Singapura, Bahas Tentang 6 Working Group

Foto : ekon.go.id

Pasardana.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bertemu dengan Duta Besar Singapura H.E. Kwok Fook Seng pada Selasa, (2/4) lalu.

Pertemuan ini berlangsung di Kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta.

Di pertemuan tersebut, keduanya membahas tentang 6 Working Group (WG) sebagai tindak lanjut dari kegiatan Indonesia-Singapore Business Forum (ISBF) 2024 yang diadakan di Singapura pada 27 Maret 2024 lalu.

Menko Airlangga pun menyampaikan, bahwa dirinya sangat senang bisa hadir di ISBF 2024.

Pasalnya, dalam pertemuan tersebut, dirinya mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan para petinggi kelompok Bisnis di Singapura.

"Saya sangat senang dapat menghadiri forum ISBF dan memperoleh kesempatan untuk berdiskusi dengan beberapa petinggi kalangan bisnis Singapura yang memiliki hubungan erat dengan Indonesia," ujar Menko Airlangga, dikutip dari keterangan resmi situs Kemenko Perekonomian pada Kamis (4/4). 

Menko Airlangga berharap, pertemuan tingkat menteri tersebut bisa terlaksana sebelum dilakukannya pertemuan dengan para Leaders

“Diharapkan, Pertemuan Tingkat Menteri Kerja Sama 6 WG dapat dilaksanakan sebelum pertemuan para Leaders,” ujar Menko Airlangga.

Semetara itu, Dubes Singapura H.E. Kwok Fook Seng memberikan apresiasi kepada Menko Airlangga karena berpartisipasi dalam ISBF 2024. 

Pertemuan keduanya membicarakan agenda untuk melakukan pertemuan tingkat menteri yang selanjutnya, hal ini sebagai bentuk kerja sama bilateral ekonomi 6 WG Indonesia-Singapura yang diketuai oleh Menko Airlangga beserta Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong.

Sebagai informasi, kerja sama 6 WG adalah forum yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral ekonomi, salah satu area kerja samanya mencakup Batam, Bintan, Karimun (BBK), dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang lainnya.

Kerja sama yang dilakukan oleh kedua negara ini berfokus dalam meningkatkan sektor investasi, transportasi, tenaga kerja, agribisnis, dan pariwisata. 

Rencana untuk pelaksanaan Ministerial Meeting (MM) 6 WG akan digabung dengan penyelenggaraan IPEF Clean Economy Investor Forum di Singapura pada Juni 2024 mendatang, Menko Airlangga akan diundang untuk ikut serta. 

Kedua pemerintahan juga masih membicarakan terkait waktu dan tempat untuk diadakannya pertemuan Leaders’ Retreat (LR).

Untuk diketahui, kedua pemimpin negara akan memasuki masa habis jabatan di tahun 2024, yaitu Presiden Joko Widodo pada 20 Oktober 2024 dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong pada November 2024.

Pertemuan Senior Officials' Meeting (SOM) akan dilakukan di Yogyakarta pada Mei 2024 sebagai bentuk persiapan MM 6 WG. 

Adapun perwakilan masing-masing kelompok kerja 6 WG akan menguraikan perkembangan dari kelompok kerja selanjutnya (Pokja).

Airlangga juga menyampaikan, dirinya menunggu kabar dari para kelompok kerja 6 WG yang sebentar lagi akan digelar pertemuan tingkat menteri di Singapura. 

"Saya menantikan kabar positif dari para kelompok kerja 6 WG, menjelang Pertemuan Tingkat Menteri di Singapura nanti," imbuh Menko Airlangga.