Spotify Catatkan Rekor Laba 1 Miliar Euro

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan penyedia layanan streaming musik Spotify pada Rabu (24/4/2024) mengumumkan perolehan rekor laba sebesar 1 miliar euro, atau sekitar Rp17,3 triliun, pada kuartal pertama tahun ini.

Seperti dilansir BBC News, sebagian besar pertumbuhan laba Spotify berasal dari bisnis podcast. Gross margin meningkat 27,6 persen pada kuartal pertama 2024, naik 25,2 persen year-on-year.

Spotify menginvestasikan sekitar 1 miliar euro untuk membangun bisnis podcast, termasuk beberapa ratus juta euro dibelanjakan untuk mengembangkan show populer seperti “The Joe Rogan Experience”.

“Tahun lalu bisnis podcast menjadi masalah bagi kami, namun kondisi berbeda terjadi tahun ini,” kata CEO Spotify Daniel Ek.

Pendapatan kuartalan perusahaan naik 20 persen menjadi 3,64 miliar euro, melampaui estimasi 3,61 miliar euro.

Spotify telah meningkatkan harga untuk meraih tambahan pendapatan dan bereksperimen dengan menawarkan berbagai paket berlangganan. Spotify rencananya akan menawarkan layanan streaming yang khusus bagi penggemar music.

Spotify kini memiliki 615 juta pengguna, lebih rendah dari ekspektasi untuk kuartal pertama 2024 yaitu 618 juta pengguna. Targetnya, Spotify akan memiliki 631 juta pengguna pada pertengahan tahun ini.

Jumlah pelanggan premium meningkat 14 persen pada kuartal pertama menjadi 239 juta pelanggan.

Tahun lalu Spotify memangkas 17 persen dari jumlah karyawan untuk memangkas biaya.