MEDC Akan Tebar 100 Juta Saham Kepada Karyawan Hingga Direksi

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Medco Energi Internasional Tbk (IDX: MEDC) akan membagikan 100 juta saham perseroan kepada karyawan, Direksi, dan Komisaris.

Hal  itu tertera dalam Program  Pemberian Karyawan (ESAP) dan Program Pemberian Saham Manajemen (MSAP) yang diunggah pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (19/4/2024).

Ditegaskan, ESAP dan MSAP merupakan bagian dari insentif kepada peserta dari program, maka tidak ada pembayaran yang harus dilakukan oleh peserta program penerim saham.

Adapun calon penerimanya, mulai dari karyawan perseron, karyawan anak usaha, jajaran Komisaris kecuali Komisaris Independen, jajaran Direksi dan Direksi anak usaha, serta manajemen senior tertentu.

Sedangkan sumber sahamnya, MEDC terlebih dahulu membeli kembali atau buyback saham beredar di publik  dengan menyiapkan dana sebesar Rp200 miliar.

Emiten migas milik keluarga Panigoro ini percaya, aksi buyback ini tidak terdapat dampak negatif yang material, sebab perseroan memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup untuk itu.

Bahkan, laba bersih per saham dari operasi yang dilanjutkan ditaksir merambat tumbuh menjadi  USD0,0149 per lembar dari level USD0,01490 dengan simulasi angka 31 Desember 2023.

Selain itu, buyback saham ini dinilai sebagai salah satu cara untuk meningkatkan ROE (Return On Equity) Perseroan dari 20,4 persen menjadi 20,54 persen per 31 Desember 2023.

Adapun rencana ini, dapat berjalan bila mendapat restu pemodal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 30 Mei 2024.

Jika mendapat restu pemodal, maka PT BRI Danareksa Sekuritas, selaku perusahaan sekuritas yang ditunjuk, akan melakukan pembelian kembali saham hingga 30 Mei 2025.