Blusukan ke Pasar Tanah Abang, Zulhas Klaim Geliat Ekonomi Masyarakat Sudah Diatas Rata-Rata

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan atau kerap disapa Zulhas, mengungkapkan optimismenya terhadap geliat ekonomi masyarakat yang sudah diatas rata-rata.

Hal tersebut diutarakannya saat berkunjung ke Blok A Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (14/3) kemarin. 

"Kalau pertumbuhan (ekonomi)-nya di 5 persen ke atas, nampak suasananya di pasar. Jadi kita syukuri, karena ekonomi kita lebih baik dibanding banyak negara lain," kata Zulhas.

Dalam blusukannya tersebut, Zulhas menyambangi sejumlah lapak pedagang, mulai dari gamis, kaos, kemeja, batik, baju muslim pria dan kerudung.

Menurutnya, Pasar Tanah Abang kini sudah lebih ramai dari hari-hari sebelumnya.

"Kita lihat tadi walaupun ini masih pagi, tapi sudah ramai dan ini hari Kamis, biasanya kalau Jumat-Minggu itu lebih ramai lagi," ujarnya.

Hanya saja, dari data yang berhasil dihimpun, klaim yang menyebutkan Pasar Tanah Abang mulai ramai lagi tidak sepenuhnya benar.

Pasalnya, ada pedagang yang mengaku bahwa Pasar Tanah Abang tidak pernah kembali ramai seperti sedia kala sebelum pandemi Covid-19.

Bahkan, pedagang juga mengaku lapak-lapak di lantai-lantai atas cenderung lebih sepi dari lantai dasar.

Selain akibat Covid-19, pedagang juga mengeluhkan adanya penjualan yang murah di platform online atau e-commerce.

Disebutkan bahwa, keberadaan TikTok Shop dan kawan-kawannya telah menghancurkan harga pasaran produk pakaian di Tanah Abang.

Pedagang pun mengalami kesulitan bersaing dengan harga yang ditawarkan di e-commerce.