Harga Minyak Dunia Lanjutkan Penurunan

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia melanjutkan penurunan dari sesi sebelumnya pada Jumat (2/2/2024) dipicu berlangsungnya gencatan senjata antara Israel dan kelompok militer Hamas.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret 2024 turun US$2,03, atau sekitar 2,7 persen, menjadi US$73,82 per barel di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman April 2024 merosot US$1,85, atau sekitar 2,5 persen, menjadi US$78,70 per barel di London ICE Futures Exchange.

Seorang pejabat Qatar mengatakan kepada Reuters bahwa gencatan senjata saat ini belum berlangsung, namun Hamas telah menerima proposal gencatan senjata pekan ini dan menyambutnya dengan positif.

Selain optimisme meredanya ketegangan geopolitik di Timur Tengah, harga minyak dunia juga terpengaruh kabar bahwa BP akan menghentikan operasional kilang minyak di Whiting, Indiana, akibat terjadinya pemadaman Listrik. Kilang tersebut memproduksi 435.000 barel minyak per hari.