Mazda MX-30: Mobil Listrik Pertama Mazda, Manifestasi dari Sebuah Idealisme

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan distributor kendaraan Mazda, menghadirkan mobil listrik pertama Mazda, yaitu Mazda MX-30.

Peluncuran SUV listrik ini diumumkan oleh Ricky Thio selaku Chief Operating Officer PT EMI, dalam konferensi pers di Mazda Indonesia Headquarters, Jakarta, Senin (11/11/2024).

"Kami merancang Mazda MX-30 bukan hanya sebagai mobil listrik, tetapi juga sebagai mitra dalam berkendara sehari-hari. Dengan filosofi Jinba-Ittai yang memprioritaskan kesatuan antara pengemudi dan kendaraannya, serta KODO Design yang minimalis dan elegan, setiap detail Mazda MX-30 dibuat secara cermat agar perjalanan terasa lebih personal. Sebuah kendaraan yang semakin digunakan, semakin terasa keunikan dan kenyamanannya, seolah menjadi bagian dari diri pengemudi," ujar Ricky Thio, COO PT EMI, seperti dilansir dalam siaran pers, Senin (11/11).

Lebih lanjut diungkapkan, filosofi KODO Design, tersajikan secara sempurna dalam Mazda MX-30. 

Tampilan luar Mazda MX-30 merupakan perpaduan antara kekuatan dan kesederhanaan, sehingga tak lekang oleh waktu.

Salah satu fitur menarik, Freestyle Doors, dirancang dengan mempertimbangkan faktor kenyamanan dan keamanan, sehingga mendukung pergerakan dari penggunanya. 

Freestyle Doors memungkinkan penumpang untuk memiliki akses yang lapang untuk keluar-masuk kendaraan. 

Selain itu, Mazda MX-30 tampil dengan pilihan perpaduan dua warna yang semakin menonjolkan keelokan bentuk kabin ala coupe.

Di seluruh line-up Mazda, pengalaman berkendara yang optimal menjadi prioritas, tidak pandang apa power train-nya, termasuk juga pada Mazda MX-30. 

Dengan mengusung filosofi Jinba-Ittai, Mazda MX-30 hadir di pasar mobil listrik Indonesia dengan pendekatan berbeda. 

Filosofi ini memastikan setiap perjalanan terasa menyenangkan dan nyaman.

Selain filosofi berkendara, Mazda MX-30 juga mewujudkan filosofi KODO Design yang berpusat pada manusia.

Baterai Mazda MX-30 dirancang untuk penggunaan sehari-hari. 

Dengan ukuran baterai yang pas, Mazda MX-30 dapat memenuhi harapan pengemudi untuk meningkatkan efisiensi.

Dengan SKYACTIV Vehicle Architecture, performa dan pengalaman mengendarai Mazda MX-30 akan semakin meningkat. 

Mazda MX-30 memiliki rangka dasar yang terhubung ke berbagai arah, sehingga menjadikannya kokoh, namun tetap lincah dan responsif.

Mazda MX-30 menggunakan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan torsion beam di bagian belakang. 

Konfigurasi suspensi ini memungkinkan pengalaman berkendara yang nyaman dan terkendali.

Sementara itu, kursi di Mazda MX-30 dirancang secara unik untuk menopang tulang belakang, sehingga menghasilkan lekukan berbentuk S yang alami saat duduk. 

Dengan titik jangkau penyesuaian kursi yang luas, pengemudi dapat menemukan posisi mengemudi ideal untuk kenyamanan yang maksimal.

Untuk mesin, Mazda MX-30 menggunakan e-SKYACTIV dengan motor yang menghasilkan 107 kW (145 ps) dan torsi 271 Nm, serta memiliki port pengisian cepat CCS2 dan baterai lithium-ion berkapasitas 35,5 kWh yang menawarkan jarak tempuh hingga 200 km (WLTP).

Fitur Electronic G-Vectoring Control Plus (e-GVC Plus) pada Mazda MX-30 memastikan stabilitas kendaraan dengan menyesuaikan torsi untuk memudahkan saat berbelok. 

Selain itu, Paddle pada setir memberikan kontrol halus dan responsif, sehingga akselerasi dan deselerasi terasa lebih intuitif.

Paddle pada setir Mazda MX-30 memberikan rasa responsif, ringan pada kondisi dengan resistensi rendah dan lebih berat pada resistensi tinggi, sehingga pengemudi dapat beradaptasi secara sempurna pada beragam situasi berkendara.

"Mazda MX-30 adalah manifestasi dari idealisme Mazda. Sebuah bukti nyata bahwa Mazda mampu mengubah persepsi publik tentang sensasi berkendara yang diberikan sebuah kendaraan listrik. Melalui Mazda MX-30, Mazda  memastikan bahwa meskipun bertenaga listrik, setiap momen di belakang kemudi tetap setia pada prinsip Jinba-Ittai," jelas Ricky Thio.

Pembeli Mazda MX-30 akan mendapatkan 5-Years MyMazda Warranty atau hingga 150.000 kilometer, 5-Years MyMazda Service atau hingga 100.000 kilometer, dan garansi baterai lithium kendaraan selama 8 tahun atau hingga 160.000 kilometer (mana yang lebih dulu tercapai).

Pembeli juga akan mendapatkan perangkat wall-charger 22 kW dengan merk ABB (tidak termasuk biaya pasang) dan perangkat portable-charger, untuk memastikan Mazda MX-30 dapat senantiasa menemani aktivitas keseharian.

Harga OTR Jakarta Rp. 860.000.000,- (termasuk perangkat wall-charger dan portable-charger, tidak termasuk biaya pasang).

Pilihan Premium Colour akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 4.000.000,-

Untuk Pilihan Warna, tersedia;

  1. Soul Red Crystal Metallic with Black Side Panels and Roof (Premium Colour)
  2. Zircon Sand Metallic with Black Side Panels and Roof
  3. Ceramic Metallic with Black Side Panels and Roof
  4. Ceramic Metallic
  5. Polymetal Grey Metallic (Premium Colour)
  6. Jet Black Mica
  7. Machine Grey Metallic (Premium Colour)
  8. Arctic White