Selaraskan Human Capital dengan Strategi Bisnis, Sejumlah Perusahaan Raih Penghargaan Top Human Capital Awards 2024
Pasardana.id - Sejumlah perusahaan terkemuka dari berbagai sektor industri, menerima penghargaan Top Human Capital Awards 2024, di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2024.
Event yang diselengarakan oleh Majalah TopBusiness ini berkolaborasi dengan sejumlah lembaga, perwakilan perusahaan penerima penghargaan itu, konsultan/pengamat bisnis, media massa, dan lain-lain.
Adapun lembaga tersebut antara lain; LKN (Lembaga Kajian Nawacita); beberapa asosiasi yang terkait dengan sektor human capital; akademisi dari beberapa kampus seperti Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran Bandung, Universitas Pertamina; konsultan bisnis dan GCG (good corporate governance) seperti Sinergi Daya Prima, SGL Management, Dwika Consulting, Melani K. Harriman and Associate, Solusi Kinerja Bisnis.
Sedangkan beberapa nama perusahaan penerima penghargaan tersebut adalah; PT Shenhua Guohua Pembangkitan Jawa Bali, PT Tangkas Cipta Optimal (Taco Group), PT Pertamina Patra Niaga, PT Pelayaran Bahtera Adiguna, PT PLN Energi Primer Indonesia, PT Aneka Tambang, Tbk.
Lalu, PT Asian Bulk Logistics, PT Bukit Asam Tbk, PT PLN Nusa Daya, PT Pupuk Iskandar Muda, Great Giant Foods, PT Astana Kinaya Mitratama (Astana Group), PT Prima Armada Raya, Trisula Corporation, PT Hakaaston, serta ada beberapa perusahaan ternama lainnya.
Event ini mengusung tema, ‘Aligning The Organization to Business Growth Strategy’.
“Artinya, melalui kegiatan Top Human Capital Awards ini, kita ingin terus mendorong pengembangan organisasi agar selaras dan dapat mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan,” kata Ketua Penyelenggara Top Human Capital Awards 2024, M. Lutfi Handayani yang juga Pemimpin Redaksi Majalah TopBusiness dalam siaran pers, Kamis (31/10).
Diketahui, Top Human Capital Awards diselenggarakan setiap tahun.
Proses penilaian dan pendalaman keberhasilan HCMS (human capital management system) dilakukan melalui beberapa tahap, dan berpuncak kepada wawancara penjurian.
Adapun jumlah peserta Top Human Capital Awards 2024, yang mengikuti seluruh tahapan penilaian secara lengkap, sebanyak 103 perusahaan.
“Jumlah ini meningkat dua kali lipat dibanding tahun 2023,” papar Lutfi.
Lebih lanjut, Lutfi mengatakan, bahwa untuk meningkatkan kemanfaatan untuk perusahaan peserta, panitia penyelenggara pun menggelar Survei Organization Diagnostic (OD), yang diisi oleh karyawan perusahaan peserta.
Itu menggunakan platform Aplikasi Predixa yang berbasis artificial intelligence (AI).
“Peserta akan mendapatkan laporan hasil dari survei ini. Dan semoga dapat menjadi masukan, sejauh mana tingkat keselarasan organisasi perusahaan peserta dalam mendukung strategi bisnis. Laporan hasil survei ini, hanya diberikan kepada perusahaan peserta yang jumlah respondennya, memenuhi jumlah yang telah ditentukan,” kata Lutfi.
Ditambahkan, penyelenggara mengedepankan aspek pembelajaran dalam ajang ini.
“Hal ini Insya Allah menjadi pembeda antara penghargaan human capital gelaran Majalah TopBusiness dengan penghargaan serupa,” kata dia.
Ketua Dewan Juri Top Human Capital Awards 2024, Budi W. Soetjipto, Phd., mengatakan, bahwa tantangan perubahan bisnis selama ini, menuntut adanya pengelolaan sistem manajemen human capital yang agile (lincah) dan paralel dengan perubahan strategi bisnis.
Meningkatnya digitalisasi proses bisnis, harus diimbangi dengan kesiapan human capital yang adaptif terhadap pengembangan sistem dan teknologi digital.
“Oleh karenanya, dapat kita simpulkan, bahwa transformasi bisnis yang mengubah strategi dan proses bisnis, sejak era digitalisasi dan kondisi ekonomi global yang penuh tantangan, menuntut adanya transformasi HCMS. Ini agar bisnis perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan,” kata dia.
Sesuai dengan kriteria dalam penilaian Top Human Capital Awards 2024 ini, keselarasan HCMS dengan strategi bisnis agar perusahaan terus berkelanjutan, menjadi salah satu faktor penting penilaian.
Dalam kegiatan Top Human Capital Awards 2024, klasifikasi kategori penghargaan didasarkan pada pencapaian level Bintang (Stars), dari Bintang 1 (atau yang terendah) hingga Bintang 5 (atau yang tertinggi).
Semakin tinggi level bintangnya, maka semakin baik keselarasan HCMS dengan strategi bisnis perusahaan, dan makin inovatif HCMS yang dikembangkan untuk mendukung kinerja bisnis perusahaan yang terus tumbuh secara berkelanjutan.