GOTO Kaji Buy Back Saham

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO) mengkaji pembelian kembali (buyback) saham beredar, tapi bergantung pada persetujuan regulator dan pemegang saham.

Direktur Utama GOTO, Patrick Walujo mengatakan, rencana pengkajian itu setelah menyelesaikan transaksi kerjasama dengan TikTok, yang akan terus memberikan manfaat kepada Indonesia dan para pelaku UMKM.

“Kami akan mengoptimalkan penggunaan modal dan sedang menyusun rencana alokasi modal ke depan. Rencana tersebut mencakup beberapa inisiatif termasuk kemungkinan dilakukannya pembelian kembali (buyback) saham,” papar Patrik dalam ketarangan resmi, Rabu (31/1/2024).

Patrick bilang, TikTok akan menginvestasikan lebih dari USD1,5 miliar kepada Tokopedia, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional bisnis Tokopedia, tanpa dilusi lebih lanjut pada kepemilikan GoTo di Tokopedia.

“Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi konsumen serta pelaku UMKM Indonesia,” terang dia.

Lebih jelasnya, dia melanjutkan, pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

“GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dalam bentuk e-commerce service fee dari Tokopedia, sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut.” terang dia.

Proses ini dilaksanakan dengan konsultasi kepada Kementerian dan Lembaga terkait, sesuai peraturan yang berlaku.

Selain itu, dia menyampaikan, GOTO juga berhasil mencapai EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal keempat 2023.

“Perseroan juga melampaui panduan kinerja EBITDA yang disesuaikan untuk tahun 2023. Rincian mengenai kinerja akan disampaikan saat paparan kinerja Perseroan untuk kuartal empat dan tahun buku 2023, yang akan diumumkan pada bulan Maret mendatang,” pungkas dia.