Perkuat Lini Bisnis Kendaraan Listrik, Anak usaha INDY Akan Tarik Utang Senilai USD45 Juta

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Anak usaha PT Indika Energy Tbk (IDX: INDY), PT Ilectra Motor Group akan meraup pinjaman dapat konversi menjadi saham dengan total senilai USD45 juta dari Horizon Ventures, Alpha JWC III, L.P. dan/atau afiliasinya, HH-CTBC Partnership. L.P., dan Brama One Ventures Limited.

Hal itu tertuang dalam perjanjian antara Ilectra Motor Group dan dua anak usaha INDY lainnya, yakni; PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI) dan PT Indika Energy Infrastructure (IEI) serta lima investor asing tadi pada tanggal 17 Agustus 2023.

Dalam perjanjian itu tertulis bahwa Ilectra Motor Group akan mendapat setoran modal dari PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI) dan PT Indika Energy Infrastructure (IEI).

Pada saat yang sama, Horizon Ventures, Alpha JWC III, L.P. dan/atau afiliasinya, HH-CTBC Partnership. L.P., dan Brama One Ventures Limited akan menberikan pinjaman senilai USD45 juta.

Dijelaskan, pinjaman tersebut dapat dikonversikan Rencana Transaksi pada tanggal 19 Mei 2028, dan dapat diperpanjang sampai dengan atau sebelum tanggal 19 Mei 2032.

“Rencana Transaksi ini selaras dengan strategi diversifikasi INDY, khususnya dalam rangka ekspansi sektor usaha kendaraan listrik dan menyediakan ekosistem kendaraan listrik yang komprehensif di Indonesia,” tulis manajemen INDY.

Hanya saja, penyelesaian transaksi ini masih bergantung pada pemenuhan persyaratan oleh para pihak sebagaimana diatur dalam perjanjianperjanjian, persyaratan-persyaratan mana ditargetkan untuk dipenuhi dalam 30 hari kalendar setelah tanggal penandatanganan perjanjian-perjanjian.