Bulan Depan, Lion Air Buka Rute Penerbangan Umrah Semarang-Madinah

Foto : istimewa

Pasardana.id - Terhitung mulai 1 Agustus 2023, maskapai penerbangan Lion Air akan membuka penerbangan umrah langsung dari Semarang ke Madinah, Arab Saudi.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam siaran resmi yang dikutip pada Minggu (23/7) menyatakan, rute penerbangan langsung Semarang ke Madinah tersebut dilakukan melalui kerja sama dengan mitra Dream Aviation, Mama Tour and Travel serta agen perjalanan lainnya.

"Penerbangan ini untuk memperluas jaringan destinasi dan menawarkan lebih baik kebutuhan umrah dan wisata yang semakin meningkat dari wilayah tersebut," sebut Danang.

Danang menambahkan, beberapa keuntungan dibukanya rute baru Semarang-Madinah, antara lain akses yang lebih mudah, waktu dan biaya perjalanan yang lebih efisien, serta koneksi penerbangan yang lebih luas.

Dalam penerbangan rute Semarang - Madinah, Lion Air akan menggunakan pesawat jenis Boeing tipe 737-9.

Selain rute Semarang - Madinah, Lion Air juga menyediakan rute Jeddah - Semarang untuk perjalanan kembali ke tanah air.

Secara rinci, jadwal penerbangan Lion Air rute Semarang (SRG) - Madinah (MED) dengan nomor terbang JT-52 berangkat pada pukul 09.15 WIB dan tiba di Madinah pada waktu sekitar 17.45 AST (Arabia Standard Time).

Untuk jadwal penerbangan Jeddah (JED) - Semarang (SRG) dengan nomor penerbangan JT-53 berangkat pukul 20.25 AST dan tiba di Semarang sekitar pukul 12.55 WIB.

Ada pun penawaran harga terbaik dibanderol mulai dari Rp15,3 juta untuk program umrah 9 hari melalui Mama Tour and Travel.

Lion Air optimistis, rute penerbangan baru Semarang-Madinah tersebut dapat mendongkrak ekonomi Jawa Tengah dan sekitarnya.

Di sisi lain, peluncuran rute penerbangan Semarang-Arab Saudi juga dianggap sejalan untuk mendukung sektor pariwisata sesuai kampanye semarak musim panas (rethink summer) Saudi guna mengakomodir kebutuhan perjalanan umrah dari Indonesia.

"Penerbangan ini juga akan meningkatkan konektivitas Jawa Tengah dengan wilayah di sekitar Saudi sehingga membuka peluang kerja sama bisnis antara dua wilayah," tukas Danang.