Indeks Shanghai Composite Melemah Usai Golden Week

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Shanghai Composite di Bursa Efek Shanghai melemah usai berlangsungnya libur panjang Golden Week di Tiongkok.

Seperti dilansir Reuters, angka indeks turun 13,55 poin, atau sekitar 0,44 persen, pada Senin (9/10/2023), menjadi 3.096,92.

Penurunan indeks Shanghai Composite dipicu data aktivitas pariwisata yang mengecewakan dalam libur panjang Golden Week tahun ini yang membuat para investor tidak meyakini akan berlangsungnya pemulihan ekonomi yang signifikan.

Indeks Hang Seng di Bursa Efek Hong Kong naik 31,42 poin, atau sekitar 0,18 persen, menjadi 17.517,40 berkat menguatnya saham sektor energi yang dipicu lonjakan harga minyak dunia setelah tensi geopolitik di Timur Tengah memburuk akibat serangan Hamas ke Israel.

Secara umum bura saham Asia berada dalam tekanan hari ini, di kala Bursa Efek Tokyo, Jepang, tutup sehubungan berlangsungnya libur Hari Olahraga dan Bursa Efek Korea, Seoul, tutup sehubungan berlangsungnya libur Hari Hangul.

Indeks S&P/ASX 200 di Bursa Australia naik 16 poin, atau sekitar 0,23 persen, menjadi 6.970,20. Di Asia Tenggara, indeks utama perdagangan saham Bursa Singapura, Thailand, dan Filipina melemah, sedangkan Bursa Vietnam, Indonesia, dan Malaysia menguat.