INDY Dirikan Perusahaan Patungan Motor Listrik Bermodal Rp65 Miliar

foto : istimewa

Pasardana.id PT Mitra Motor Group (MMG), anak usaha PT Indika Energy Tbk (IDX: INDY) bekerja sama dengan Foxteq Singapore Pte. Ltd mendirikan PT Foxconn Indika Motor (FIM) yang merakit motor listrik dan baterai listrik.

Mengutip keterangan resmi emiten energi itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (23/9/2022) bahwa anak usaha perseroan telah menyetor modal senilai Rp39 miliar untuk menguasai 60 persen porsi saham produsen kendaraan listrik itu.

Sedangkan Foxteg Singapoer juga telah menyetor dana sebesar Rp29 miliar untuk memegang 40 persen dari total saham. Sehingga total modal disetor perusahaan patungan itu tercatat sebesar Rp65 miliar.

“Penyertaan saham MMG dalam FIM merupakan langkah Perseroan secara grup untuk melakukan ekspansi usaha ke sektor kendaraan listrik, khususnya kendaraan listrik roda empat, di Indonesia,” tulis manajemen INDY.

Sebelumnya, pada tanggal 25 Maret 2022, INDY juga telah mendirikan perusahaan dengan nama PT Solusi Mobilitas Indonesia (SMI) dengan modal disetor sebesar Rp50 miliar.

Anak usaha itu bergerak dibidang industri sepeda motor, perdagangn motor dan suku cadang.

“Penyertaan saham Perseroan dalam SMI merupakan langkah Perseroan untuk melakukan ekspansi usaha ke sektor kendaraan listrik di Indonesia,” tulis manajemen INDY.