Menparekraf Sebut Perekonomian Kepulauan Seribu Sudah Pulih Diatas 50 Persen

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno mengatakan, perekonomian di Kepulauan Seribu saat ini telah pulih diatas 50-60 persen jika dibandingkan pada saat pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri upacara HUT RI ke-77 di Istana Negara Jakarta yang dilakukan secara virtual dari Pulau Untung jawa, Kepulauan Seribu, Rabu (17/8/2022).

Menurut Sandiaga, Kemenparekraf memilih Kepulauan Seribu sebagai tempat pelaksanaan upacara HUT RI karena wilayah tersebut ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) khusus pariwisata dengan total investasi sebesar 3,2 miliar dolar AS.

“Dipilihnya Kepulauan Seribu sebagai PSN karena letaknya dekat dengan pusat ekonomi di Jakarta. Saya hadir di sini sembari juga bernostalgia karena pernah tugas di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga pun mengatakan, kegiatan pariwisata di Kepulauan Seribu bakal menciptakan 35.000 lapangan kerja.

“Setelah Kepulauan Seribu ditetapkan sebagai PSN, kita harus all out. Saya tadi sudah memanggil semua jajaran untuk mempersiapkan langkah tahun 2023 PSN ini diwujudkan seperti apa,” ujar dia.

Menurutnya, adanya peluang pembukaan lapangan kerja sebanyak 35.000 dengan total penduduk di Kepulauan Seribu hanya 29.000, daerah ini berpotensi memperbaiki kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Hal tersebut dapat terwujud, kata Sandiaga, jika pembangunan PSN di pulau itu dilakukan secara baik.

“Angka Partisipasi Murni (APM) di Kepulauan Seribu salah satu yang terendah di Indonesia, sehingga kesiapan sumber daya manusia di destinasi wisata unggulan Kepulauan Seribu harus bisa kita tingkatkan,” tukasnya.