HUT RI ke-77, KKP Kampanyekan Ekonomi Biru di Sumbar

Foto : istimewa

Pasardana.id - Untuk menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggelar serangkaian kegiatan di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

Dikutip dari Antara, Selasa (16/8/2022), Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Media dan Komunikasi Publik KKP, Doni Ismanto menjelaskan, rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari Road to Bulan Cinta Laut (BCL) yang kick off-nya dijadwalkan pada Oktober 2022.

"BCL adalah salah satu program Ekonomi Biru dari Menteri Sakti Wahyu Trenggono. Kami terus mensosialisasikan konsep BCL ini ke daerah-daerah sesuai dengan kearifan lokalnya," katanya.

Dia menerangkan, rangkaian kegiatan di Sumbar akan diawali dengan pelaksanaan upacara bendera bawah air di Perairan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, pada 17 Agustus 2022.

Upacara bendera diikuti puluhan peserta yang terdiri atas tim internal KKP, perwakilan pemda, akademisi, dan puluhan penyelam profesional.

"Perayaan HUT RI adalah momen emosional bagi bangsa Indonesia, dan Pak Menteri Trenggono meminta semua jajaran di KKP untuk menyemarakkan perayaan 17 Agustus ini, sekaligus mengampanyekan pentingnya menjaga kesehatan laut," jelasnya.

Rangkaian semarak HUT Ke-77 RI yang bertajuk "Exploring Mandeh Road to BCL" tersebut, juga diisi dengan turnamen fotografi dan videografi bawah air Perairan Mandeh, tepatnya di lokasi tenggelamnya Kapal MV Boeloengan Nederland yang karam pada masa Perang Dunia II.

Usai pengambilan foto dan video bawah air, para peserta turnamen selanjutnya melakukan aksi bersih-bersih sampah yang ada di sekitar lokasi penyelaman, sebagai wujud komitmen bersama menjaga kesehatan laut.

Dalam rangkaian acara ini, KKP juga menggelar festival Maelo Pukek di Pantai Purus, Kota Padang, Sumbar, yang melibatkan para nelayan dan masyarakat pesisir pada 21 Agustus 2022.

Di waktu yang sama, juga digelar pameran program BCL, di antaranya berisi kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah plastik.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menilai, pelaksanaan program BCL akan mendorong masyarakat lebih peduli terhadap kondisi laut.

Program tersebut bahkan tidak hanya menjadi solusi masalah sampah laut, tapi juga memberi manfaat ekonomi bagi para nelayan.

Sebagai bentuk dukungan pelaksanaan rangkaian kegiatan Exploring Mandeh Road To BCL, pihaknya akan menurunkan seluruh ASN provinsi yang tinggal di Kota Padang, untuk ikut dalam aksi bersih-bersih sampah di Pantai Purus.

"Apa yang direncanakan Pak Menteri ini (BCL), InsyaAllah Sumbar akan mendukung secara maksimal, kita akan libatkan bupati dan wali kota yang memiliki wilayah pantai yang ada di Sumbar. Kegiatan ini juga tentunya akan menumbuhkan kecintaan dan kepedulian kita terhadap laut, karena memang kehidupan di darat ini tergantung di laut. Inilah yang harus kita perhatikan," ujarnya.