HOKI Tebar Dividen Sebesar 61 Persen Dari Laba Komprehensif 2021

foto : istimewa

Jakartakita.comPT Buyung Poetra Sembada Tbk (IDX: HOKI), emiten produsen beras berkualitas merek “Topi Koki” dan “HOKI”, konsisten untuk membagikan dividen tunai kepada para pemegang saham.

Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan Rabu, 27 Juli 2022, diputuskan untuk membagikan dividen tunai dengan total sebesar Rp9,67 miliar atau sekitar 61% dari laba komprehensif tahun 2021 yang tercatat sebesar Rp15,7 miliar.

Budiman Susilo selaku Direktur HOKI mengatakan, terjadi peningkatan yang signifikan, karena pada tahun 2021 lalu, dividen yang dibagikan hanya 26% dari laba komprehensif.

“Kami bersyukur masih terus dapat menjalankan komitmen HOKI dalam membagikan dividen sebagai apresiasi kepada para pemegang saham. Semoga komitmen ini akan terus dapat kami jalankan ke depannya, dengan sejumlah langkah strategis demi peningkatan kinerja HOKI. Terima kasih kepada para pemegang saham atas kepercayaannya kepada HOKI," ungkap Budiman seperti dilansir dalam siaran pers, Rabu (27/7).

Selain konsisten memberikan dividen, HOKI juga memberikan keuntungan ekstra bagi para pemegang saham untuk setiap pembelian produk HOKI, melalui platform aplikasi online WarungKoki.ID.

Keuntungan yang didapat, yaitu tambahan diskon 5% dari nilai transaksi setelah dipotong promo reguler.

Untuk mendapatkan diskon tersebut, pemegang saham hanya tinggal memasukkan identitas pada kolom profile.

Aplikasi akan dapat langsung mendeteksi apabila calon pembeli merupakan pemegang saham HOKI.

Pemberian diskon produk ke pemegang saham melalui plarform online ini merupakan pertama kalinya dilakukan oleh emiten beras di Indonesia.

“Pemberian extra benefit berupa diskon ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada para shareholders, karena sudah memilih produk-produk berkualitas dari HOKI untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari. Kami berharap, dengan adanya benefit ini, dapat lebih mendekatkan para shareholders dengan produk-produk HOKI. Ayo Investasi Sahamnya, Beli Produknya,” ujar Budiman.

Asal tahu saja, platform aplikasi online WarungKoki.ID merupakan inovasi dari anak usaha HOKI yaitu PT Hoki Distribusi Niaga (HDN).
Ini merupakan inovasi distribusi melalui pengembangan outlet retail berbasis transaksi online melalui platform WarungKoki.ID.

Ekspansi bisnis ini sebagai upaya HOKI untuk semakin mendekatkan diri ke konsumen.

Saat ini, outlet telah hadir di 41 lokasi di Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat. Outlet tersebut berada di wilayah residensial, pasar modern, dan SPBU modern di berbagai wilayah strategis.

Agar dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia, WarungKoki.ID juga akan segera hadir di berbagai platform e-commerce.

HOKI melalui HDN juga telah meluncurkan produk Fast Moving Consumer Goods (FMGC) berupa DailyMeal Eats dan DailyMeal Rice.

DailyMeal Eats berupa produk kreasi masakan beras dengan cita rasa warisan kuliner Indonesia yang sangat praktis untuk disiapkan.

Saat ini, telah tersedia tiga varian, yaitu nasi kebuli, nasi goreng spesial pedas, dan nasi uduk gurih wangi.

Sedangkan DailyMeal Rice, menghadirkan dua varian produk beras, beras jagung dan beras singkong, yang sangat cocok bagi konsumen yang memiliki perhatian lebih terhadap sumber makanan yang lebih sehat, namun tetap memberikan pengalaman makan yang menyenangkan.

Semua produk di atas sudah tersedia di Applikasi online WarungKoki.ID.

Di sisi lain, prinsip keberlanjutan (Environmental, Social, and Governance/ESG) juga tetap menjadi fokus HOKI dalam menjalankan bisnisnya.

HOKI berinisiatif untuk mengolah bahan bakar ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah kulit padi untuk dibentuk menjadi pelet yang dapat digunakan sebagai bahan bakar pabrik.

Sejak kuartal III tahun 2020 lalu, HOKI juga telah mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Sekam di Sumatera Selatan, yang merupakan pembangkit listrik berbahan bakar sekam pertama di Indonesia.

Upaya-upaya tersebut merupakan komitmen HOKI dalam menerapkan prinsip ESG sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.