Pelindo Targetkan Pendapatan Tahun 2022 Capai Rp30,4 Triliun

Foto : istimewa

Pasardana.id - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo terus berupaya untuk melakukan peningkatan kinerja.

Di tahun 2022 ini, Pelindo menargetkan pertumbuhan pendapatan moderat mencapai Rp30,4 triliun.

"Target pertumbuhan pendapatan ini sejalan dengan laba bersih yang diharapkan meningkat menjadi Rp 3,9 triliun," kata Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono, di Jakarta, Rabu (29/6/2022).

Dengan didukung oleh pulihnya perekonomian global terutama dengan produksi barang-barang industrial maupun hasil pertanian, Ali optimistis target pertumbuhan kinerja pada tahun 2022 ini bisa terlaksana.

Selain itu, dia menambahkan, untuk mencapai target tersebut Pelindo juga sudah menyiapkan strategi.

"Untuk mencapai target ini, Pelindo akan berfokus pada penyelarasan bisnis pasca integrasi melalui standarisasi, integrasi operasional, dan komersial," tutur Ali.

Dia memastikan, Pelindo akan mengambil mengambil langkah inisiatif strategis yang salah satunya diimplementasikan melalui standardisasi operasional pelabuhan.

Ali berharap, hal tersebut mampu berdampak pada peningkatan produktivitas bongkar muat dan penurunan port stay atau waktu sandar kapal di pelabuhan.

"Tentu dampaknya juga akan dirasakan oleh pengguna jasa baik shipping line atau cargo owner, yakni seperti penghematan biaya sewa kapal dan durasi pengiriman menjadi lebih cepat," jelas Ali.

Tak hanya itu, Ali mengungkapkan, Pelindo juga dapat menekan biaya operasional bongkar muat di Pelabuhan yang dikelola. Dengan begitu, nantinya akan berpotensi pada peningkatan trafik kapal.

Asal tahu saja, pada 2021, Pelindo juga sudah mencatat peningkatan laba.

Ali mengungkapkan, kinerja audited Pelindo pada 2021 mencatatkan laba sebesar Rp 3,2 triliun.

"Angka ini (laba sepanjang 2021) naik dibandingkan perolehan 2020 yang mencapai Rp 3 triliun," kata Ali.
Nilai laba bersih ini, lanjut Ali, turut menyumbang peningkatan laba BUMN pada 2021 yang mencapai total Rp 126 triliun.

Pendapatan BUMN tersebut meningkat hingga 869 persen dari laba 2020.

Dia menambahkan, capaian positif Pelindo pada 2021 sejalan dengan program merger yang telah dijalankan pada Oktober 2021.

"Perseroan telah bukukan pendapatan usaha senilai Rp 28,8 triliun, naik dibandingkan pendapatan usaha 2020 yakni sebesar Rp 26,6 triliun," tandasnya.