Usai Caplok Limelight, Edgio Incar Laba USD50 Juta

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Edgecast, anak usaha Edgio Inc, perusahaan teknologi informasi yang tercatat di papan perdagangan Nasdaq mengumumkan telah mengakuisisi Limelight guna mengincar potensi pasar senilai USD 40 miliar.

Adapun skema akuisi itu, Yahoo menerima sekitar 80,8 juta saham biasa Limelight, dengan valuasi Edgecast sekitar USD 300 juta berdasarkan harga rata-rata saham sekitar USD 4,12.

Harga pembelian termasuk investasi tunai USD 30 juta ke Edgio oleh Apollo dan rekan investornya, melalui kepemilikan mereka atas Yahoo serta penyesuaian modal bersih, yang mencakup biaya di muka.

Yahoo juga menerima 12,7 juta saham tambahan Edgio senilai USD 100 juta pada kesepakatan tambahan, yang berlaku maksimal tiga tahun setelah proses akuisisi selesai.

Pemegang saham Edgio memiliki sekitar 66,8 persen dari perusahaan gabungan atau sekitar 63,5 persen dengan asumsi bahwa Edgio mencapai target harga saham berdasarkan perjanjian bersyarat, sedangkan Yahoo akan memiliki masing-masing sekitar 33,2 persen hingga 36,5 persen.

CEO Edgio, Bob Lyons mengatakan, dengan akuisisi ini, laba perusahaan akan lebih dari USDD50 juta, setelah dipotong beban pokok penjualan sekitar USD 30-35 juta yang terkait dengan colocation dan biaya internet peering, serta sekitar penghematan biaya operasional sebesar USD 15 juta - 20 juta.

“Edgio berharap, bisa meraih sekitar setengah dari potensi penghematan USD 50 juta tersebut pada dua kuartal mendatang setelah proses akuisisi selesai. Selain itu, investasi tunai senilai USD 30 juta oleh Apollo Funds akan semakin memperkuat neraca perusahaan untuk mendukung inisiatif pertumbuhan yang berkelanjutan,” beber dia kepada media, Kamis (23/4/2022).

Ia menjelaskan, wahana edge atau pemrosesan data global Edgio memberikan kapasitas lebih dari 200 Tbps, lebih dari 300 PoP global, dan lebih dari 7.000 koneksi ISP.

Dengan fondasi yang kokoh ini, Edgio AppOps menghadirkan aplikasi web dan API tercepat dan paling aman, sekaligus menjadi solusi terlengkap dengan perangkat pengembang bawaan yang terintegrasi, serta keamanan dan jaringan berlapis.

Ia melanjutkan, solusi Edgio menggabungkan kekuatan platform edge berkinerja terbaik di dunia dengan serangkaian kemampuan terlengkap untuk aplikasi web, API, dan konten video. 

"Hari ini, Edgio menawarkan aplikasi web edge-native terlengkap dan solusi API serta kemampuan streaming dan transmisi terbaik di kelasnya – semuanya berjalan di jaringan edge berskala global. Kemampuan unik ini, menciptakan platform yang kuat untuk pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan," terang dia.

Saat ini, Edgio mentransmisikan sekitar 20 persen lalu lintas internet dunia, mulai dari akses situs web hingga konten dengan permintaan tinggi untuk 20.000 perusahaan digital terkemuka, seperti Amazon, Sony, Kate Spade, Microsoft, Sun TV, Verizon, Disney, TikTok, dan Twitter.