Perkuat Tata Kelola, PTBA Gelar Pelatihan Governance, Risk and Compliance

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Bukit Asam (Persero) Tbk (IDX: PTBA) dalam hal ini Satuan Kerja Sistem Manajemen Perusahaan & GCG (SMP & GCG) sebagai pemilik program, bekerjasama dengan PT Proxsis Solusi Bisnis yang memiliki keahlian dalam pengembangan GRC dan kesisteman, menyelenggarakan Pelatihan GRC Kelas Eksekutif dan Reguler PTBA Group Tahun 2022.

"Pelaksanaan kegiatan ini juga didukung dan difasilitasi oleh Satuan Kerja Sumber Daya Manusia Stratejik (SDM Stratejik) dalam rangka penugasan formal dan pemutakhiran basis data kompetensi pegawai," beber Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk, Apollonius Andwie, seperti dilansir dari siaran pers, Selasa (21/6/2022).

Dijelaskan, Governance, Risk, and Compliance (GRC) melalui konsep Model Keunggulan GRC, merupakan konsep terintegrasi yang ditujukan untuk mendorong organisasi agar mampu mengembangkan praktik pengelolaan organisasi secara profesional dan bertanggung jawab melalui penerapan tata kelola, manajemen risiko, dan kepatuhan yang lebih baik.

Model Keunggulan GRC merupakan kondisi ideal GRC yang dimiliki oleh organisasi untuk memastikan tujuan organisasi tercapai secara optimal.

Agar dapat mencapai Model Keunggulan GRC, diperlukan kerangka kerja yang terdiri dari prasyarat, prinsip, Komponen Keunggulan dan tingkat maturitas.

Hal yang juga menjadi sangat penting adalah pemahaman dan penerapan Business Judgement Rules (BJR) bagi organisasi dalam memastikan setiap keputusan yang menyangkut investasi/divestasi memenuhi kaidah GRC dalam rangka memberikan profit sesuai dengan kaidah kelayakan bisnis yang matang sesuai ekspektasi Pemegang Saham.

Melalui pemahaman dan penerapan GRC melalui Model Keunggulan di PTBA diharapkan:

Pertama, perusahaan memperoleh benefit melalui kepastian penerapan GRC yang diintegrasikan dalam seluruh proses bisnis yang relevan.

Kedua, perusahaan memiliki aset pegawai yang mampu mengukur dan mengevaluasi penerapan GRC sesuai aturan dan kaidah nasional/internasional.

Adapun kegiatan pelatihan Kelas Eksekutif dan Reguler dilaksanakan dalam beberapa sesi. Pada sesi perdana Kelas Eksekutif telah dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2022 dimana Direktur Utama PTBA, Arsal Ismail telah memberikan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Hal itu menunjukkan komitmen keseriusan Direksi atas pengembangan dan penerapan GRC dalam seluruh proses bisnis perusahaan dan afiliasinya.

Diharapkan dengan antusiasme peserta mengikuti rangkaian kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman yang utuh tentang Model Keunggulan GRC dan mampu memberikan perubahan yang signifikan bagi tata kelola perusahaan, pengelolaan risiko dan kepatuhan demi menjaga pertumbuhan bisnis perusahaan ke depan.