Menhub Targetkan Penumpang KRL Jabodetabek Capai 2 Juta Per Hari

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menargetkan jumlah penumpang angkutan Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek mencapai 2 juta penumpang setiap harinya.

"Saat ini, pengguna kereta listrik Jabodetabek sudah (mencapai) 1,2 juta penumpang per hari. Ke depan, akan terus kita tingkatkan hingga 2 juta penumpang per hari. Insya Allah dalam 2-3 tahun ini bisa kita lakukan," ucap Budi Karya dikutip dari siaran pers, Minggu (19/6/2022).

Untuk mencapai target tersebut, kata Menhub, pihaknya akan mendorong peningkatan pelayanan angkutan Jabodetabek dengan membangun Double-Double Track (DDT), mempersingkat headway (waktu tunggu kedatangan antar kereta) menjadi tiga menit, dan merevitaliasi stasiun.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut jumlah pengguna kereta listrik (KRL) Jabodetabek telah menembus 1,2 juta penumpang per hari.

Adapun, pembangunan stasiun Matraman merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan angkutan massal KRL Jabodetabek.

Stasiun tersebut berada di posisi strategis antara dua stasiun KRL tersibuk yaitu Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai.

Dengan adanya Stasiun Matraman, diharapkan dapat mereduksi kepadatan volume penumpang KRL dan menunjang kelancaran mobilitas masyarakat yang akan naik turun KRL di daerah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara dan Manggarai.

"Kami ingin angkutan massal menjadi angkutan prioritas bagi masyarakat. Saat ini kereta api sudah menjadi pilihan utama masyarakat, khususnya di wilayah perkotaan dan aglomerasi," tukasnya.