McDonald’s Segera Tinggalkan Rusia

foto: istimewa

Pasardana.id - Jaringan makanan cepat saji McDonald’s pada Selasa (17/5/2022) mengumumkan akan segera meninggalkan Rusia setelah beroperasi selama 30 tahun di negara tersebut.

McDonald’s mulai Maret lalu menutup seluruh 850 gerainya di Rusia. Kini McDonald’s akan mulai menjual seluruh gerai di Rusia.

Langkah tersebut diambil sebagai respon pihak manajemen atas krisis kemanusiaan dan lingkungan operasional yang tidak terduga sebagai dampak berlangsungnya invasi Rusia di Ukraina.

“Isu yang kami hadapi adalah sebuah isu kompleks yang penuh dengan konsekuensi. Kami tidak bisa mengacuhkan krisis kemanusiaan di Ukraina akibat perang yang berlangsung,” kata CEO McDonald’s Chris Kempczniski, seperti dikutip BBC News.

McDonald’s akan menjual seluruh gerainya di Rusia ke investor lokal dan mulai menanggalkan seluruh logo dan atribut lainnya. Pihak manajemen akan berupaya untuk memastikan seluruh 62.000 karyawan McDonald’s tetap digaji sampai transaksi penjualan selesai dan tetap diperkerjakan oleh investor baru.

McDonald’s diperkirakan akan mengalami kerugian sampai US$1,4 miliar, atau sekitar Rp20,5 triliun, akibat menghentikan bisnis di Rusia.