Menparekraf Targetkan 1,1 Juta Lapangan Kerja Untuk Sektor Pariwisata

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kretif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan pembukaan lapangan kerja di sektor Parekraf untuk 1,1 juta orang pada tahun 2022 ini.

Salah satunya, dengan memanfaatkan ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

"Hotel-hotel mulai melakukan penerimaan karyawan kembali serta melakukan retraining, dan event-event besar seperti festival membuka lapangan kerja di MICE dan ekonomi kreatif. Andil kami, (sebanyak) 1,1 juta lapangan kerja baru," kata Sandiaga dalam konferensi pres virtual, Senin (9/5).

Di sektor pariwisata, Sandiaga menargetkan dapat membuka lapangan kerja sebanyak 400.000 orang.

Sementara sektor ekonomi kreatif ditargetkan dapat menyerap sekitar 700.000 orang tenaga kerja.  

Sandi mengungkapkan, target tersebut dibuat karena hotel yang sempat tertekan pandemi covid kini telah membuka perekrutan karyawan kembali.

Target juga dibuat karena festival-festival besar juga mulai diselenggarakan.

Sandi berharap, dengan adanya hal tersebut dapat membuka kembali lapangan pekerjaan di sektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition). Karena itu, sektor MICE Indonesia diharapkan bisa berkembang usai penyelenggaraan konferensi tersebut.

"Kita akan membawa konferensi-konferensi yang baik selain G20, bukan hanya di Bali dan Jakarta, tetapi di beberapa destinasi lain. Ini akan kita lakukan setelah G20 sehingga momentum ini akan terus bergulir," ujar Sandi.

Sementara itu, tiga sektor ekonomi kreatif yang akan mendominasi lapangan pekerjaan adalah kuliner sebesar 40 persen, 18 persen industri mode sebesar 18 persen, dan sektor kriya sebesar 13 persen.