Harga Minyak Dunia Lanjutkan Penurunan

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia melanjutkan penurunan dari sesi sebelumnya pada Kamis (7/4/2022).

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei 2022 turun 20 sen, atau sekitar 0,6 persen, menjadi US$96,03 per barel di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juni 2022 merosot 49 sen, atau sekitar 0,5 persen, menjadi US$100,58 per barel di London ICE Futures Exchange.

Pejabat tinggi Uni Eropa Josep Borrell menyatakan bahwa kebijakan-kebijakan baru Uni Eropa, termasuk pelarangan pembelian batu bara Rusia, akan disahkan pekan ini. Uni Eropa selanjutnya akan membicarakan mengenai embargo minyak mentah Rusia.

Namun pelarangan pembelian batu bara baru akan berlaku penuh pada pertengahan Agustus mendatang, sebulan lebih lambat dari rencana semula sehingga dampaknya masih baru akan berdampak ke pasar komoditas global dalam beberapa bulan ke depan.

India terus melakukan pembelian minyak Rusia sehingga sampai saat ini belum terjadi krisis di pasar minyak global. Para analis sebelumnya memperkirakan pasokan Rusia ke pasar minyak global akan berkurang 2 sampai 3 juta barel per hari sebagai dampak sanksi negara-negara Barat.