Menhub Targetkan KA Bogor - Sukabumi Beroperasi Kembali Pekan Depan

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, pelayanan Kereta Api (KA) Bogor – Sukabumi ditargetkan beroperasi kembali pada pekan depan.

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan inspeksi uji coba pengoperasian jalur ganda kereta api Bogor (Stasiun Paledang) – Stasiun Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Minggu (3/4/2022).

Disampaikan Menhub, kedua daerah tersebut memiliki sejarah yang panjang mengenai sosial budaya maupun konektifitas ekonomi.

Bukan hanya akan melayani angkutan orang, menurut Menhub Budi, jalur KA Bogor-Sukabumi juga akan melayani akngkutan barang sehingga aktifitas ekonomi kembali menggeliat di kedua daerah.

"Saya pastikan akhir Minggu ini, warga Bogor sudah bisa jalan-jalan ke Sukabumi dengan kereta yang lebih cepat dan kereta yang lebih banyak," tuturnya.

Lebih lanjut Budi mengatakan, setelah membangun jalur ganda, pemerintah akan membangun atau merevitalitasi stasiun-stasiun yang melayani lintas Bogor-Sukabumi dengan konsep heritage.

Hal ini bertujuan agar bisa menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat di Jakarta, Bogor, Sukabumi, dan sekitarnya.

“Di kawasan Cicurug ini sejarahnya dulu adalah pusatnya para seniman. Jadi kami ingin mengembangkan stasiun ini sekaligus akan mewadahi karya-karya para seniman, seperti lukisan di kayu jati, dan lain sebagainya,” ujar Menhub.

Dia pun menyakinkan, bahwa jalur kereta tersebut sudah bisa digunakan untuk arus mudik. Namun, pembukaan operasional kereta secara rinci akan diumumkan oleh PT KAI.

"Sudah, sudah pasti. Tarif dan jadwal nanti oleh KAI," ujarnya.