PLN Jamin Pasokan Listrik Jelang Lebaran Aman

Foto : istimewa

Pasardana.id - Perusahan Listrik Negara (PLN) memastikan pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Lebaran 2022, aman.

PLN memastikan, operasional pembangkit di seluruh wilayah Indonesia sebesar 64,4 gigawatt (GW) mampu memenuhi perkiraan total beban puncak 34,27 GW saat Lebaran.

"PLN siap untuk menghadapi Lebaran agar tahun ini bisa berjalan dengan lancer, listrik aman dan tidak ada gangguan. Pasokan batu bara juga aman," kata Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo, Kamis (21/4).

Untuk mendukung operasional pembangkit, PLN memastikan pasokan energi primer seperti batu bara, gas, dan bahan bakar minyak (BBM) dalam kondisi aman di atas 21 hari operasi.

Total daya terpasang saat ini di wilayah Jawa, Madura, dan Bali mencapai 45,1 GW. Sedangkan beban puncak selama Idul Fitri diperkirakan mencapai 21,7 GW.

Untuk wilayah Sumatra, kapasitas terpasang mencapai 9,3 GW dengan beban puncak 6,8 GW.

Sementara wilayah Kalimantan mempunyai kapasitas terpasang 2,7 GW dengan beban puncak 1,7 GW.

Tak hanya itu, Darmawan juga menambahkan, PLN juga menerjunkan 48.442 personel di 2.915 posko siaga yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air, dengan menerapkan sistem piket bagi petugas operasional selama 24 jam demi menjaga keandalan pasokan listrik.

"Apel siaga ini digelar sebagai bentuk kebersamaan kita menyiapkan mental, fisik, hingga peralatan agar Hari Raya Idul Fitri, listriknya bisa kita jaga jangan sampai padam. Kita tunjukkan, PLN betul-betul siap mengamankan listrik saat Lebaran," kata Darmawan.

“PLN tak hanya memaksimalkan operasional pembangkit listrik yang sudah ada (existing) untuk memastikan pasokan listrik aman, tetapi juga menyiapkan suplai cadangan dengan menyediakan UPS, trafo mobile, hingga genset,” tandasnya.