Harga Minyak Dunia Turun Dipicu Ketidakpastian Ekonomi Global

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun pada Selasa (6/12/2022) dipicu mencuatnya kekhawatiran terhadap kondisi perekonomian global.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari 2023 turun US$2,68, atau sekitar 3,5 persen, menjadi US$74,25 per barel yang merupakan harga penutupan terendah dalam setahun terakhir di New York Mercantile Exchange.

Harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari 2023 merosot US$3,33, atau sekitar 4 persen, menjadi US$79,35 per barel di London ICE Futures Exchange.

Aktivitas sektor jasa Tiongkok mencapai level terendah dalam enam bulan terakhir pada November. Inflasi di negara-negara Uni Eropa mencapai 10 persen bulan lalu akibat terus berlanjutnya perang di Ukraina.

Rusia pada Selasa menyatakan tidak akan menjual minyak mentah kepada siapa pun yang menyepakati batas harga yang ditetapkan negara Barat. Menurut Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak, produksi migas Rusia untuk periode Januari-November meningkat 2,2 persen year-on-year.