Bantu Penanggulangan Gempa Cianjur, Pertamina Suplai 20 Ribu Liter BBM

Foto : istimewa

Pasardana.id - Dalam rangka membantu upaya penanggulangan bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, khususnya untuk kendaraan operasional Polda Jawa Barat, PT Pertamina (Persero) menyalurkan 20 ribu liter bahan bakar minyak (BBM).

Penyerahan BBM tersebut sudah dilakukan dalam 2 tahap.

Tahap pertama yakni 10 ribu liter BBM pada Rabu, 23 November 2022.

Sedangkan tahap kedua pada Sabtu, 26 Nov 2022 sebanyak 10 ribu liter.

"Pertamina menyalurkan total 20 ribu liter BBM untuk Polda Jawa Barat dalam rangka mendukung upaya penanggulangan bencana yang dilakukan Polri di Cianjur. BBM yang disalurkan adalah jenis Dexlite dan Pertamax itu disalurkan dari Depot Pertamina Padalarang," kata Pjs VP Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari dalam keterangan tertulis, Senin, (28/11).

Selai disalurkan untuk kendaraan operasional Polri, Pertamina juga menyalurkan BBM untuk kendaraan operasional Kopassus dan juga seluruh mobil logistik Posko BUMN yang mendistribusikan bantuan ke 40 desa terdampak gempa di Kabupaten Cianjur.

Pasca gempa magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur pada Senin, 21 November 2022 lalu, total bantuan yang sudah disalurkan Pertamina sebanyak Rp1,2 miliar.

Bentuk bantuan yang disalurkan berupa BBM dan LPG, kesehatan (tim medis dan obat-obatan), perlengkapan harian serta sembako dan makanan siap saji.

Beberapa barang yang disalurkan di antaranya, 156 tabung LPG 12 Kg, satu Unit tenda pleton, dua unit tenda serba guna, 130 lembar kasur lantai, 185 paket terpal, 740 lembar selimut, 355 lembar terpal, 300 lembar matras, 20 pasang sepatu boot, tiga unit genset, tiga unit velbed, tiga unit meja.

Pertamina juga mengerahkan enam orang dokter dan empat orang tenaga medis (perawat) untuk membantu penanganan korban.

Selain itu, Pertamina juga mengerahkan dua unit ambulans dan tujuh orang Perwira Pertamina untuk menjadi relawan BBM.

"Semua bantuan ini merupakan aksi peduli dari Pertamina Grup untuk penanggulangan korban bencana Cianjur. Semoga upaya bersama ini bisa berdampak baik untuk masyarakat Cianjur," ujar Heppy.